Unggul 83 Suara, Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar Menangi Pilkada Labuhanbatu

 Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar/Net
Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar/Net

Keunggulan 83 suara membuat pasangan Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Labuhanbatu 2020.


Proses penetapan ini sendiri telah dilakukan oleh KPU Labuhanbatu pada pleno penetapan calon terpilih, Minggu (1/8/2021).

Pasangan yang diusung oleh Partai Hanura, Nasdem, PBB, PKB dan PDIP ini ditetapkan sebagai bakal calon terpilih setelah melalui tahapan sengketa di MK yang ditandai dengan keputusan pemungutan suara ulang (PSU)

"Hasil sudah di tetapkan MK. KPU langsung menetapkan calon terpilih sesuai dengan perintah MK dalam amar putusannya," kaata Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi kepada wartawan.

Setelah rapat pleno penetapan Paslon terpilih ini nantinya, maka tugas KPU terakhir adalah menyerahkan Surat Keputusan (SK) penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih ke DPRD untuk pengusulan pelantikan. 

Sebelumnya pada Jumat, MK mengesahkan kemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu tahun 2020 nomor urut 2 Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar. 

Pengesahan kemenangan Erik-Ellya ini setelah MK dalam putusannya menolak permohonan sengketa calon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu nomor urut 3 Andi Suhaimi Dalimunte-Faizal Amri Siregar. Dalam permohonannya Andi-Faizal mendalilkan adanya sejumlah pemilih yang tidak berhak menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara ulang (PSU). Namun, MK tidak menerima dalil tersebut. 

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata hakim konstitusi Anwar Usman yang membacakan amar putusan. 

Dalam amar nya atas sengketa nomor 141 ini, MK juga menyatakan sah perolehan suara pasangan calon pasca PSU di 2 TPS yakni TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan. Karena dinyatakan sah, MK kemudian memerintahkan KPU untuk menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu terpilih sesuai putusan MK.

MK dalam amar putusannya juga mengesahkan hasil akhir perolehan suara lima pasangan calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu tahun 2020 dengan rincian pasangan nomor urut 1 Tigor Panusunan Siregar-Idlinsah Harahap dengan perolehan suara 19.552, nomor urut 2 Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar dengan perolehan suara 88.381, nomor urut 3 Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar dengan perolehan suara 88.298, nomor urut 4 Abdul Roni-Ahmad Jais dengan perolehan suara 28.349 dan nomor urut 5 dengan perolehan suara 12.734.