Ulang Tahun Bersama Para Pemulung Di Medan, Sofyan Tan: Mereka Pekerja Mulia

Anggota DPR RI Sofyan Tan di Kwala Bekala, Medan Johor/Ist
Anggota DPR RI Sofyan Tan di Kwala Bekala, Medan Johor/Ist

Anggota DPR RI asal Sumatera Utara, Sofyan Tan memilih untuk merayakan ulang tahunnya bersama para pemulung yang berada di Jalan Jaya Tani, Kelurahan Kwala Bekala, Medan Johor, Minggu (26/9/2021).


Menurutnya, momen kebahagiaan pada ulang tahunnya yang ke 62 tersebut perlu dirayakan bersama rakyat kecil. Sebab, mereka ini menurutnya merupakan kalangan pekerja yang sangat mulia.

"Bagi saya pemulung itu pekerjaan mulia. Sebagai kader PDI-P saya diperintahkan untuk merasakan penderitaan rakyat. Itu kenapa saya di sini," ujarnya.

Sofyan tan mengatakan, kehidupan rakyat kecil atau yang kerap disebut dengan istilah 'wong cilik' oleh PDI Perjuangan merupakan hal yang tidak jauh dari kehidupannya. Ia berasal dari keluarga dengan orang tua yang berlatar belakang tukang jahit. Karena itulah menurutnya, momen merayakan hari-hari istimewa seperti ini selalu dilakukannya bersama kalangan wong cilik.

"Saya tidak menggunakan uang saya untuk mengundang orang untuk makan mewah. Ngapain orang yang sudah cukup untuk makan masih kita undang untuk datang makan?," katanya.

Sejak pagi, Sofyan Tan sudah hadir di lokasi ini. Ia menyusuri permukiman para pemulung tersebut dan mengumpulkan warga di sana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ia bahkan tidak risih saat harus berkunjung ke gubuk-gubuk di lokasi untuk menyapa para orang tua lanjut usia. Selain itu, Sofyan Tan juga memberikan motivasi kepada anak-anak mereka. Ia ingin menunjukan bahwa anak pemulung juga bisa sukses dan sekolah tinggi. Ia juga membawa anak-anak penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) ke kampung tersebut.

"Mereka bukan orang mampu tapi bisa kuliah. Ada bapaknya yang bekerja di pasar, ada bapaknya yang bekerja sebagai sopir dan lain sebagainya. Tapi mereka bisa kuliah. Pendidikan itu kunci untuk sukses. Jadi saya ingin dari anak pemulung ini nanti bukan hanya memulung sampah saja, tapi ke depan juga akan memulung harta kekayaan dari mana saja dengan kesuksesannya," ujar anggota DPR RI tersebut.

Selain di kawasan tersebut, Sofyan Tan juga mengunjungi para pekerja yang memecah kemiri di Jalan Penerbangan Medan. Seperti di Jalan Jaya Tani, di sini ia juga memberikan beberapa bantuan sembako kepada warga. Ia juga memotivasi para pemecah kemiri tersebut untuk sukses.

Suasana penuh kekeluargaan terlihat saat momen Sofyan Tan berada di tengah masyarakat. Warga juga terlihat sangat antusias dengan kehadiran wakil mereka di DPR RI tersebut.

"Selamat ulang tahun kepada Pak Sofyan. Kami bersyukur masih ada wakil rakyat yang peduli dengan kami dan datang ke kampung kami yang kumuh ini," kata Daslah, warga yang menerima bantuan Sofyan Tan.

Ia berharap kedekatan Sofyan Tan dengan rakyat terus terjalin. "Kalau bisa jangan sekali ini saja datang menjumpai kami Pak. Ke depan pun harus ingat kami," sebutnya.