Tolak Perpanjangan PPKM Darurat, HMI Labuhanbatu Raya: Masyarakat Sudah Jenuh

Khairil Hanif Nasution/Ist
Khairil Hanif Nasution/Ist

Upaya pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat.


Namun, kebijakan yang mereka dukung adalah upaya vaksinasi gratis yang kini masih terus dilakukan dengan melibatkan TNI dan Polri.

"Kita mendukung vaksinasi gratis kepada masyarakat," kata Formatur Ketua Umum HKI Cabang Labuhanbatu Raya, Khairil Hanif Nasution, Minggu (18/7/2021).

Menurut Khairil, kebijakan PPKM Darurat sejauh ini dinilai belum menunjukkan upaya yang maksimal dalam mengurangi kasus positif covid-19 dan angka kematian yang diakibatkannya.

"Menurut saya Pemerintah sudah gagal dalam menangani pandemi Covid-19. Maka dari itu saya meminta Pemerintah Pusat untuk sesegera mungkin mengevaluasi dan mencabut wacana untuk memperpanjang PPKM Darurat," ujarnya.

Bukan hanya kepada pemerintah pusat, namun kritikan jua disampaikannya kepada pemerintah daerah dimana Khairil berharap pemerintah daerah tidak hanya ikut-ikutan dengan pemerintah. Melainkan, harus ikut memperhatikan kondisi masyarakat di daerahnya masing-masing.

"Jangan hanya ikut-ikutan, tapi masyarakat yang kena imbasnya. Karena jika ini terus diperpanjang maka akan berdampak pada kehidupan masyarakat sehari-hari baik dalam aspek hukum, ekonomi, kebutuhan pangan dan sosialnya," ungkapnya.

Khairil meyakini penolakan-penolakan maupun aksi protes dari masyarakat terhadap petugas merupakan buntut dari kekecewaan mereka atas penanganan covid-19. Hal ini yang memicu terjadinya gesekan antara aparat dengan masyarakat.

"Kita sangat mengutuk keras atas tindakan represif oleh aparat Kepolisian kepada masyarakat atau para pedagang dalam mencegah dan pengendalian mobilitas masyarakat di masa PPKM Darurat, masyarakat juga manusia bukanlah binatang, jangan langsung terus bertindak keras dan kasar," pungkasnya.