Tokopedia Dorong UMKM Lokal Lewat Inisiatif Hyperlocal

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia terus menunjukkan komitmennya mendukung pertumbuhan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) di Indonesia. 


Terbaru mereka menginisiasi hyperlocal yang menjadi sarana pengembangan usaha bagi para pelaku UMKM.

“Tokopedia fokus mendukung pegiat usaha lokal untuk terus mengembangkan usaha. Ini merupakan cerminan inisiatif hyperlocal Tokopedia demi mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” kata Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho melalui rilis tertulis, Senin (15/3).

Trian bersama lebih dari 100 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), yang dipimpinnya di Tim RGX Tokopedia, membantu UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia meningkatkan daya saing bisnis - khususnya di tengah pandemi - lewat pemanfaatan teknologi, agar dapat meraja di negeri sendiri.

“Kami menyadari pentingnya peran UMKM lokal dalam menggerakkan perekonomian daerah, maka kami terus memberikan pendampingan dan edukasi, misal dalam bentuk webinar, bagi pebisnis baru. Tokopedia juga kerap mengadakan community gathering melalui media sosial, yang bisa menjadi wadah bagi para penjual untuk saling bertukar informasi,” jelas Trian.

Trian dan tim juga konsisten berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah daerah, demi mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya UMKM lokal. Misalnya melalui kegiatan online, seperti Jatim Fair dan Festival Produk Lokal Kota Batu.

“Tokopedia bangga karena bisa ikut menyaksikan dengan dekat bagaimana UMKM lokal terus berupaya mempertahankan kelangsungan bisnis serta lapangan pekerjaan terutama di tengah pandemi seperti ini,” ungkap Trian.

Selama pandemi, penjual di Tokopedia, yang hampir 100%nya UMKM lokal, diketahui mengalami peningkatan dari yang semula berjumlah lebih dari 7,2 juta penjual (Januari 2020) menjadi lebih dari 10 juta saat ini.

“Kami akan terus mendukung keberadaan dan perkembangan UMKM lokal lewat berbagai inisiatif, kolaborasi, juga inovasi digital.” pungkasnya.