Tinjau Lokasi HPN 2023, Sekda Sumut: Kita Matangkan persiapan Bersama EO

Sekda Sumut Arief Trinugroho/Ist
Sekda Sumut Arief Trinugroho/Ist

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Arief S Trinugroho bersama sejumlah pejabat, meninjau kesiapan Gedung Serbaguna (GSG) sebagai lokasi pelaksanaan acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Selasa (24/1).


Dalam peninjauan itu, Sekdaprov  Arief S Trinugroho memantau kondisi lapangan Astaka dan Gedung Serbaguna di kawasan Jalan Pancing, Deliserdang, yang akan digunakan untuk acara HPN Expo dan puncak acara peringatan HPN 2023. Sebab menurutnya, alasan pemilihan tempat karena lahan yang cukup luas dan dapat menampung puluhan ribu orang.

"Ya acara HPN ini kan kurang lebih dua pekan lagi ya. Karena acara puncaknya nanti di Gedung Serbaguna ini. Jadi kita tinjau on site (di lapangan), bagaimana lokasinya dan rencana kesiapan pelaksanaan," sebut Arief.

Untuk pembahasan lanjut Arief, sudah beberapa kali dilakukan. Baik di internal Pemprov Sumut sendiri, maupun bersama dengan pihak terkait, seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), serta organisasi pers dan unsur Forkopimda.

"Jadi intinya ini (persiapan HPN) kita matangkan terus persiapannya bersama EO (penyelenggara) dan lainnya. Makanya kita lihat di lapangan, kira-kira apa yang kurang dan antisipasinya. Karena ini kan rencananya Presiden akan datang," jelasnya.

Persiapan selanjutnya, katanya, akan ada rapat bersama PWI Pusat dan Sekretariat Negara. Nanti setelahnya, akan ada pertemuan kembali bersama panitia lokal di Sumut.

"Kendala yang berarti tidak ada, tinggal persiapan dan pematangan saja. Secara teknis kita langsung siapkan, termasuk untuk peralatan sudah ada semua. Tinggal penempatannya saja," sebut Arief.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus menyampaikan kesiapan Sumut sebagai tuan rumah HPN 2023. Sebab, selain lokasi utama, juga akan ada rangkaian kegiatan di sejumlah tempat, termasuk membawa para peserta HPN menikmati lokasi wisata seperti kawasan Danau Toba.

Hadir di antaranya Staf Ahli Gubernur Agus Tripriyono, Kepala  Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Baharuddin Siagian, Kepala  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ardan Noor, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Mulyono, serta sejumlah pejabat.