Tingkatkan Produksi Kentang Sumut, Edy Rahmayadi Dorong Pengembangan Bibit  

Edy Rahmayadi/Ist
Edy Rahmayadi/Ist

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus berupaya meningkatkan produksi kentang di daerah ini. Antara lain dengan membantu dan mendorong pengembangan bibit kentang, serta mendatangkan investor.


 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi usai meninjau Pembibitan Kentang di Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Rabu (28/7). Selama ini, pasokan bibit kentang di Sumut dipenuhi oleh bibit yang berasal dari Pulau Jawa. "Ini harus kita kembangkan, dengan begitu perekonomian daerah bisa meningkat, " kata Gubernur.

 

Gubernur memuji pembibitan kentang di Desa Bukit tersebut. Menurutnya, hal ini bisa dicontoh oleh tempat lain yang melakukan pembibitan serupa. 

 

Selain itu, Gubernur juga menargetkan Sumut dapat memenuhi kebutuhan bibit kentang Pulau Sumatera. Sehingga tidak perlu lagi memasok kebutuhan bibit dari Pulau Jawa. "Dengan ini, paling tidak kita bisa memenuhi kebutuhan satu Pulau Sumatera," kata Gubernur yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

 

Edy Rahmayadi  juga mengharapkan partisipasi dari Forkopimda Karo untuk meningkatkan produksi kentang. "Kami tidak bisa bekerja sendiri, perlu sinergi dari setiap pihak, ini untuk kesejahteraan rakyat juga, " katanya.

 

Bupati Karo Cory S Sebayang menyampaikan selama ini bibit kentang yang ditanam di Sumut kebanyakan diambil dari Pulau Jawa. Pembibitan kentang di Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rakyat tersebut menggunakan metode bertingkat.

 

"Metode bertingkat ini membuat kentang bisa berbuah di atas dan di bawah, sehingga bibit yang dihasilkan bisa meningkat hingga 15 ton, " katanya.