Timsel Belum Gelar Rapat, Nasib Pendaftar Seleksi Calon Komisi Informasi Sumut Masih Digantung

Ketua Tim Seleksi calon Anggota Komisi Informasi Sumatera Utara, Prof Dr Subhilhar/Net
Ketua Tim Seleksi calon Anggota Komisi Informasi Sumatera Utara, Prof Dr Subhilhar/Net

Nasib calon peserta seleksi anggota Komisi Informasi (KI) Sumatera Utara yang mendaftar berdasarkan pengumuman dari Panitia Seleksi (Pansel) masih digantung.


Kelanjutan tahapan seleksi setelah puluhan pendaftar yang sudah menyerahkan berkas ke sekretariat Pansel di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatera Utara masih belum jelas.

Padahal, Kadis Kominfo Sumatera Utara Irman Oemar yang menggagas pengumuman pendaftaran mengaku berkas-berkas para pendaftar akan diserahkan kepada Tim Seleksi (Timsel) dibentuk sembari pendaftaran berlangsung.

"Nanti berkas-berkas yang sudah mendaftar kita serahkan kepada Tim Seleksi yang segera dibentuk. Nanti Timsel yang melanjutkan seleksi terhadap mereka," katanya beberapa waktu lalu usai menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi A DPRD Sumatera Utara terkait dugaan kesalahan prosedur atas pengumuman pendaftaran yang dilakukan Irman Oemar dengan mengatasnamakan Pansel Calon Anggota KI Sumatera Utara.

Dalam RDP tersebut, Komisi A merekomendasikan pembatalan pendaftaran dan meminta agar Pansel fokus dalam memfasilitasi pembentukan Timsel. Sehingga, Timsel nantinya akan mengeksekusi seluruh tahapan mulai dari pendaftaran calon peserta hingga tahapan lainnya.

"Pansel sesuai Perki no.4 thn 2016 hanya memfasilitasi pembentukan Timsel, mulai dari penyediaan anggaran, sekretariat dan kebutuhan lain dari Timsel. Jadi jangan Pansel yang membuka pendaftaran karena itu ranah dari Timsel," kata Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto saat itu.

Dalam perjalanannya, Irman Oemar akhirnya berhasil membentuk Timsel yang ditetapkan lewat SK Gubernur Sumatera Utara. Timsel ini diketuai oleh Prof Dr Subhilhar dari unsur akademisi.

Subhilhar sendiri yang dikonfirmasi RMOLSumut mengatakan perihal penyerahan nama-nama calon peserta seleksi anggota KI Sumut yang sudah mendaftar atas pengumuman dari Pansel tersebut masih belum diambil kebijakan.

"Timsel segera bersidang untuk menyusun tahapan seleksi," katanya, Senin (7/6/2021).

Apakah hal ini berarti calon peserta seleksi yang mendaftar atas pengumuman Pansel dipastikan akan menjadi peserta tahapan seleksi yang akan mereka sidangkan?. Hal ini menurut mantan Subhilhar termasuk dalam pembahasan rapat yang akan mereka gelar.

"Nanti dirapat akan diputuskan," pungkasnya.