Tersingkir Dari Pengurus KNPI Sumut, Sugiat Santoso: Kita Fokus Kongres KNPI Bersama

Sugiat Santoso/RMOLSumut
Sugiat Santoso/RMOLSumut

DPD KNPI Sumatera Utara menghapus nama Sugiat Santoso dari jajaran pengurus.


Namanya yang selama ini berada pada Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI Sumut digantikan oleh Andika Kesuma Sitepu.

Pergantian ini tercantum dalam keputusan DPP KNPI Nomor Kep.064/DPP KNPI/VI/2021 tentang pergantian antar waktu bertanggal 14 Juni 2021 itu diteken langsung Ketum KNPI Haris Pertama dan Sekjend Gandung RN Huda.

Terkait hal ini Sugiat mengaku tidak ambil pusing, sebab menurutnya kepengurusan yang melakukan perombakan ini sudah tidak memiliki kapabilitas lagi. Hal ini mengacu pada keputusan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) lewat rapat pleno di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu, 6 Maret 2021. Dalam rapat pleno tersebut dipimpin Wakil Ketua Umum Ahmad A. Bahri dengan agenda mencopot Haris Pertama dari jabatan ketua umum.

Hal yang sama juga terjadi di KNPI Sumatera Utara dimana pengurus DPD KNPI Sumut menggelar Rapat Pleno di Hotel Grand Kanaya, Medan, Senin 15 Maret 2021 lalu. Rapat pleno yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD KNPI Sumut Swangro Lumbanbatu tersebut, Samsir dinyatakan dipecat karena dinilai tidak memberikan contoh yang baik dan melawan keputusan DPP KNPI terkait pelaksanaan Kongres Bersama.

"Kita sekarang fokus kongres KNPI Bersama. Biarin saja apa yang mereka buat. Kita fokus agenda kita aja," kata Sugiat Santoso kepada RMOLSumut, Jumat (18/6/2021).

Diberitakan sebelumnya, DPD KNPI Sumut melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) pengurus sebagaimana keputusan DPP KNPI Nomor Kep.064/DPP KNPI/VI/2021.

Dalam susunan tersebut DPD KNPI Sumut dipimpin oleh Samsir Pohan, Sekretaris Muhammad Asril, Bendahara Abdul Jalil Ritonga, dan Ketua Harian Reinhart Manurung.

Di deretan nama-nama pengurus tersebut terselip nama Saktiawan Sinaga, yang merupakan mantan pemain tim nasional dan PSMS Medan. Saktiawan Sinaga berposisi sebagai Wakil Ketua Bidang Olahraga DPD KNPI Provinsi Sumut.

Dewan Penasehat KNPI Sumut banyak diisi tokoh publik yang mengisi jabatan kepala daerah, mantan ketua KNPI Sumut, serta tokoh aktif partai politik.

Begitu juga dengan kepengurusan Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI Sumut. Terlihat ada nama Ketua MPI KNPI Sumut Andika Kesuma Sitepu menggantikan Sugiat Santoso.