Telkomsel Konsisten Perkuat Ekosistem Startup di Indonesia

Telkomsel Mitra Inovasi/Ist
Telkomsel Mitra Inovasi/Ist

Perusahaan telekomunikasi Telkomsel tetap berkomitmen untuk menjaga akselerasi pertumbuhan dan perkembangan startup Tanah Air maupun global melalui dukungan pendanaan serta pemberdayaan.


Komitmen ini mereka aplikasikan lewat anak usaha Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) lewat synergy value yang berfokus pada kemitraan jangka panjang serta pengembangan bisnis.

“Sejak dihadirkan pada 2019, TMI telah dibentuk sebagai mitra yang mendorong startup dalam mendisrupsi pasar yang besar untuk memungkinkan transformasi industri, peningkatan peluang, dan mempersempit kesenjangan bisnis. TMI sebagai mitra andal dalam mendukung dan mempercepat pertumbuhan digital-preneurs dari para pelaku startup berpotensi di Indonesia, bahkan dunia. Komitmen tersebut menjadi salah satu upaya yang terus Telkomsel lakukan guna memperluas portofolio bisnis sekaligus memperkuat ekonomi digital nasional.” kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Sabtu (24/7/2021).

Sementara itu, Direktur Utama TMI Marlin R. Siahaan menjelaskan akan terus mengembangkan strategi maupun kolaborasi sehingga lebih luas dalam membuka peluang tanpa batas bagi startup untuk berkembang. Selama ini TMI memberikan dukungan bukan dalam bentuk investasi modal semata, melainkan juga memperkuat synergy value melalui pemanfaatan keunggulan aset yang dimiliki Telkomsel serta mengutamakan kolaborasi jangka panjang dengan para pelaku startup dalam menghadirkan solusi terdepan yang memberikan manfaat sosial digital bagi setiap lapisan masyarakat secara lebih luas. 

"Nilai tersebut akan selalu dibawa dan menjadi pembeda bagi TMI yang berkomitmen menghadirkan smart digital-preneurship di Indonesia untuk mampu bersaing dalam skala global.” ujarnya.

TMI sendiri selama ini terus mengembangkan investasi pada solusi masa depan bagi masyarakat, yang berfokus pada sektor perdagangan dan periklanan, media dan hiburan, connecting device dan hardware, data dan analisis, serta jaringan dan infrastruktur. Hingga saat ini TMI telah melakukan investasi sekira USD 40 juta di sejumlah startup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.