Telkomsel Gandeng SMESCO Indonesia Percepat Transformasi Digital UKM  

Penandatanganan MoU Telkomsel dengan SMESCO Indonesia/Ist
Penandatanganan MoU Telkomsel dengan SMESCO Indonesia/Ist

Telkomsel melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LPP-KUKM) atau SMESCO Indonesia.


Hal ini menandai kerjasama mempercepat transformasi digital di sektor koperasi dan UKM untuk mendukung penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan kolaborasi ini merupakan wujud komitmen Telkomsel dalam mendukung digitalisasi koperasi dan UKM yang terus diupayakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. 

"Berbekal dukungan jaringan teknologi terdepan 4G dan 5G yang terus dikembangkan secara bertahap dan terukur, Telkomsel optimis dapat menghadirkan solusi berbasis teknologi yang dapat mengoptimalkan potensi koperasi dan UKM Tanah Air sehingga mampu berdaya saing tinggi dan melesat dengan digital.” katanya, Selasa (7/9/2021).

Dijelaskannya, langkah Telkomsel ini sejalan dengan semangat TelkomGroup dalam mendukung pemberdayaan UMKM selaku tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi sebesar 61,07% terhadap PDB nasional dengan potensi menyerap 97% dari total tenaga kerja.

TelkomGroup bersama BUMN lain di bawah dirigen Kementerian BUMN meluncurkan program PaDi UMKM atau Pasar Digital UMKM yang mendorong akselerasi UMKM untuk go digital dan memberikan akses kepada UMKM untuk mendapatkan pasar transaksi di BUMN. Selain itu, TelkomGroup juga memberikan beragam pelatihan dan produk/ aplikasi digital untuk kemudahan digitalisasi bagi UMKM. 

"Diharapkan dengan digitalisasi ini dapat mendukung peningkatan daya saing UMKM serta mendukung akselerasi pemulihan ekonomi nasional dan memperkuat ekonomi digital Indonesia," ujarnya.

Sementara Direktur Utama SMESCO Leonard Theosabrata mengatakan kerjasama ini menjadi penting dalam upaya mencapai 158.000 UMKM terintegrasi kedalam ekosistem ekonomi digital SMESCO hingga tahun 2023. 

"Telkomsel dan ekosistem digitalnya akan menginisiasi pengembangan, peningkatan dan pemberdayaan dalam layanan digital UMKM melalui berbagai layanan dan platform  digital terkini dan inklusif sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pasar, sehingga menghadirkan kesempatan bagi  para UMKM untuk terintegrasi dalam ekosistem Telkomsel.” ungkapnya.

Saat ini, lebih dari 300 ribu pelaku UKM di Indonesia telah tergabung dalam pemanfaatan layanan unit bisnis Telkomsel Enterprise. Tinggi minat pelaku UKM memanfaatkan solusi bisnis berbasis digital yang terintegrasi dari Telkomsel tersebut tentunya didorong juga semakin tumbuhnya adopsi dan adaptasi para pelaku UKM dalam ekosistem bisnis digital, yang telag terbuksi semakin membuka peluang kemajuan, terutama di masa yang penuh tantangan seperti saat ini.