Tabrakan Kapal di Pantai Cermin, Dua ABK Meninggal Dunia

Evakuasi jenazah nelayan korban kapal tabrakan/Ist
Evakuasi jenazah nelayan korban kapal tabrakan/Ist

Insiden kecelakaan melibatkan dua kapal di Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.


Dua orang Anak Buah Kapal (ABK) yang sempat dinyatakan hilang ditemukan meninggal dunia, Sabtu (18/6/2022).

Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus menjelaskan insiden kecelakaan tersebut terjadi pada Kamis, 16 Juni 2022 antara Kapal penangkap kepiting KM Azmi dengan Kapal Super Kargo Peti Kemas. Saat ini, KM Azmi berangkat dari Pagurawan menuju laut untuk menangkap kepiting sekitar pukul 06.00 WIB. Akan tetapi sekitar pukul 12.00 WIB, melintas sebuah kapal super kargo peti kemas dari arah Belawan dan menambraknya.

Diduga tidak mengetahui kapalnya menabrak KM Azmi, kapal kargo tersebut tetap berlayar dan meninggalkan lokasi. Sementara KM Azmi hancur dan tenggelam.

“Ada empat orang ABK kapal menjadi korban namun 2 orang ABK an. Safi'i (44) sebagai nahkoda dan Suherman (42) yang merupakan Warga Pagurawan Kabupaten Serdang bedagai berhasil diselamatkan oleh kapal nelayan yang melintas dan dibawa ke Pos Babinpotmar Pantai Labu. Namun, dua orang rekan nya Sutris dan Siitam hilang dan akhirnya ditemukan pagi tadi dalam keadaan meninggal dunia,” ujarnya.

Mendapat informasi hilangnya dua nelayan tersebut, personil Basarnas langsung turun melakukan pencarian. Upaya tersebut berhasil dimana dua nelayan tersebut ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Setelah dievakuasi, kedua jenazah tersebut langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.