Sukses Lakukan Replanting Bersama Asian Agri, KUD Sawit Subur Dapat THR   

Foto/Ist
Foto/Ist

Ada kabar gembira bagi petani yang bergabung di Koperasi Unit Desa (KUD) Sawit Subur, Desa Kampung Baru, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.


Petani sawit yang bermitra dengan PT Inti Indosawit Subur (IIS) Kebun Plasma Ukui memperoleh THR Idul Fitri 1443 H dari Kebun PSR.

Pemberian THR oleh PT IIS - Kebun Plasma Ukui merupakan bentuk kepedulian Asian Agri,  kepada para petani KUD Sawit Subur yang sedang menjalani masa replanting (peremajaan).

"Saya mewakili masyarakat dan petani anggota KUD Sawit Subur Desa Kampung Baru mengucapkan terimakasih kepada perusahaan yang  telah berhasil melakukan PSR dengan sangat baik, sehingga kebun kami berbuah lebih awal dari target. Alhamdulilah, hasil awal itu dibagikan sebagai  THR kepada kami pada saat yang tepat, yakni di saat kami akan merayakan Idul Fitri," ucap Dahrudin, petani sawit yang juga tokoh masyarakat Desa Kampung Baru, 14 April 2022.

Menurutnya, para petani tidak menyangka perusahaan begitu transparan kepada  KUD sebagai mitra. "Semoga ke depan semakin baik lagi kerjasama ini, mudah-mudahan yang belum replanting bisa mengikuti replanting bersama dengan PT Inti Indosawit Subur," sebutnya.

Dana THR diberikan kepada para petani mitra PT IIS di KUD Sawit Subur yang beranggotakan 269 petani dan telah melakukan replanting dengan luas lahan 538 Ha dan umur tanaman 36 bulan.  

Sementara itu, Dedy R. Pardede selaku Group Manager Ukui menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu visi perusahaan bagaimana perusahaan dapat berguna bagi masyarakat.

"Pemberian THR dapat dilakukan karena adanya sinergi yang baik antara perusahaan dengan petani, sehingga kebun PSR berbuah lebih awal. Inilah bukti hasil  kerjasama dan kerja keras perusahaan dengan KUD Sawit Subur. Perusahaan senantiasa berkomitmen memberikan pengelolaan kebun terbaik, sehingga produktivitas kebun plasma ini maksimal," bebernya.

Ketua KUD Sawit Subur, Bambang Haji Sutjipto  mengucapkan terima kasih kepada PT Inti Indosawit Subur yang telah sukses membawa petani melakukan PSR sehingga berhasil mendapatkan dana THR bagi anggota petani.

Menurutnya, petani anggota KUD Sawit Subur yang mengikuti replanting telah melaksanakan panen perdana sejak bulan Juni 2021.

"Karena dana penjualan TBS yang sudah terkumpul sebesar 5.9 milar rupiah per bulan Februari 2022. Kami kemudian mengajukan permohonan dana THR, tentunya berdasarkan kesepakatan bersama anggota KT dan Pengurus KT dengan jumlah dana Rp 5 juta/kavling. Alhamdulillah telah terealisasikan hari ini. Mudah-mudahan kemitraan dapat tetap berjalan dengan baik," harapnya.