Stadion Teladan Medan jadi Homebase Karo United

Karo United saat beraudiensi dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beberapa waktu lalu/Ist
Karo United saat beraudiensi dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beberapa waktu lalu/Ist

Karo United akan menjadikan Stadion Teladan Medan menjadi homebase mereka dalam mengarungi Liga 2 Musim 2022.  


Klub kebanggaan masyarakat Karo ini sudah mendapatkan izin dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang tertuang dari surat Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan bernomor 426.2/1374 terkait pemberian izin pemakaian Stadion Teladan Medan.

Dalam surat yang ditandatangani Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Pulungan Harahap memberikan izin Karo United untuk menggunakan Stadion Teladan sebagai homebase di Liga 2 yang akan digelar Agustus 2022 mendatang. Surat tersebut ditandatangani tanggal 18 Juli 2022.

Setelah pemberian izin tersebut, Manager Karo United Yosephine Sembiring mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasutin dan Dinas Pemuda Olahraga Kota Medan. Pihaknya berharap dengan diterima surat izin menjadi semangat baru bagi skuad Karo United untuk menatap Liga 2 mendatang karena sudah ada kepastian home base.

"Berhome base di Kota Medan merupakan harapan kami selama ini apalagi kota ini oleh orang Karo bernama Guru Patimpus Sembiring Pelawi. Apalagi populasi masyarakat Karo juga cukup banyak di Kota Medan," kata Yosephine Sembiring, Senin (18/7/2022).

Yosephine mengatakan dalam surat yang diterima terkait izin pemakaian Stadion Teladan, pihaknya akan mematuhinya. Mulai dari menjaga seluruh aset yang ada di lokasi hingga membayarkan kewajiban-kewajiban seperti restribusi.

"Kami pastikan akan mematuhi kewajiban seperti pembayaran restribusi pemakaian Stadion Teladan seperti tertuang dalam Perda Kota Medan Nomor 3 Tahun 2016," ucapnya.

Yosephine berharap dengan kepastian bermarkas di Stadion Teladan, dukungan dari Karomania akan semakin masif kepada skuad Laskar Simbisa. Dukungan tersebut diharapkan mampu membangkitkan semangat moril mereka selama mengikuti Liga 2 musim 2022 nantinya.

"Kami yakin, dengan bermain di Stadion Teladan dukungan kepada Karo United akan semakin masif baik dari Karomania, masyarakat Kota Medan dan Karo pada khususnya," ucapnya.

Sebelumnya, Founder Karo United Arya Sinulingga saat hadir dalam meet and greet di Medan, Sabtu (16/7/2022) mengatakan Karo United akan bermarkas di Stadion Teladan.

"Secara prinsipil sudah disetujui Karo United akan bermarkas di Stadion Teladan oleh bapak Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Selanjutnya akan diurus terkait administrasinya serta kewajiban-kewajiban lainnya," kata Arya Sinulingga.

Arya menuturkan pilihan untuk menjadi Stadion Teladan sudah sangat tempat karena secara sejarah Kota Medan adalah bagian dari kampung Karo.

"Medan ini didirikan oleh orang Karo bernama Guru Patimpus Sembiring Pelawi. Sebelumnya nama Medan ini berasal dari kata Madaan," ujarnya.

Hal juga terbukti saat Pemko Medan menggelar Kerja Tahun Kota Medan di Istana Maimun dalam rangka memperingati hari jadi Kota Medan.

"Karena itu kami bukan menumpang. Medan  memang bagian dari Tanah Karo dan ini rumah kami juga," ujarnya.