Sosialisasi Larangan Mudik Dengan Jenaka,  Polres Batubara Gandeng Konten Kreator 'Wak Kombur'

Polres Batubara bersama Wak Kombur/Ist
Polres Batubara bersama Wak Kombur/Ist

Sosialisasi larangan mudik 2021 dilakukan dengan berbagai cara oleh pihak kepolisian. Salah satunya yakni dengan menggandeng pihak kreatif untuk menyampaikan sosialisasi dengan cara yang jenaka.


Hal ini dilakukan oleh Polres Batubara dengan menggandeng konten kreator asal kota Medan, Wak Kombur.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis dalam konten tersebut, menghimbau kepada masyarakat di wilayah hukumnya untuk tidak melakukan mudik sesuai arahan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo. Menunurut Ikhwan, potensi penyebaran Covid-19 akan semaki mudah terjadi jika warga tetap melakukan mudik.

"Kami berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan larangan untuk tidak melakukan mudik. Pandemi Covid-19 ini belum berakhir," kata AKBP Ikhwan, di Kecamatan Lima Puluh, Selasa (4/5/2021).

Menurut Ikhwan, tidak hanya memfokuskan himbauan larangan mudik ini, namun juga akan terus memperhatikan situasi lalu lintas di sepanjang jalinsum di kawasan Batubara.

Menggandeng konten kreator dalam sosialisasi ini diharapkan dapat menyampaikan pesan penting larangan mudik ini. Wak Kombur, dua pria dalam lakonan tersebut, membawakan pesan-pesan itu dengan cara menghibur namun penuh makna yang berkaitan erat denga situasi masyarakat.

Wakapolres Batubara Kompol Rudy Candra, yang memimpin langsung proses suting tersebut, juga memberikan masukan dalam beberapa adegan dan sejumlah pesan-pesan Kamtibmas.

"Adegan ini dilakukan sepasang suami istri yang ingin mudik, tapi sulit mencari transportasi. Namun ada seorang pria menawarkan bantuan mudik dengan mengendarai becak mesin. Mereka akan melewati jalur-jalur mudik yang tidak terpantau petugas di lapangan " kata Rudi memberikan sedikit bocoran adegan tersebut.

Pesan layanan masyarakat ini dikemas dalam video atau film pendek yang diperankan Wak Broetal dan Wak Obenk. Beberapa talent juga turut meramaikan proses film tersebut, termasuk sejumlah personil polres Batubara.

Kompol Rudi mengatakan, video akan ditayangkan pada 6 Mei 2021, sesuai dengan pemberlakukan larangan mudik tersebut. Sebarannya akan dilakukan di media sosial, baik itu di chanel YouTube dan media sosial Wak Kombur.

"Insya Allah, pesan yang dimaksudkan dapat sampai langsung ke masyarakat dengan memanfaatkan media sosial. Termasuk berbagai lintas generasi," ujar Kompol Rudy.