Soroti Kunker 10 Hari Gubernur Sumut ke Daerah, Ini Pesan Fraksi PKS DPRD Sumut

Hendro Susanto/RMOLSumut
Hendro Susanto/RMOLSumut

Kunjungan kerja Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi selama 10 hari ke sejumlah daerah di kawasan Tapanuli Bagian Utara dan kawasan Pantai Timur Sumatera Utara mendapat sorotan dari Fraksi PKS DPRD Sumatera Utara.


Mereka menyampaikan beberapa penekanan khusus yang diharapkan dapat terwujud dari kunjungan tersebut.

“Kita mensupport semangat pak Edy Rahmayadi dan sejumlah OPD Pemprovsu yang turun ke daerah. Ini bentuk hadirnya kepala daerah ke masyarakat,” kata Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut, Hendro Susanto di sela acara silaturahmi anggota Fraksi PKS DPRD Sumut dengan kalangan masyarakat dan jurnalis, Rabu (12/10/2022).

Hadir dalam silaturahmi tersebut, Wakil Ketua DPRD Sumut Misno Adisyah Putra, Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut Hariyanto,  Sekretaris Ahmad Hadian dan beberapa anggota fraksi seperti H Jumadi, H Akhiruddin dan lainnya.

Fraksi PKS menegaskan persoalan ekonomi menjadi salah satu hal yang harus mendapat perhatian serius dari Gubernur Sumatera Utara dan para kepala daerah. Dalam kunjungan 10 hari ke sejumlah daerah tersebut, Edy Rahmayadi harus mampu mengajak bupati/walikota untuk bersama-sama dalam menekan laju inflasi.

“Kemarin kenaikan harga cabai dan minyak goreng membuat inflasi kita hampir menyentuh 5 persen, namun pemerintah berhasil menekannya. Nah, kenaikan BBM ini berpotensi membuat potensi inflasi lebih tinggi lagi mencapai 6 persen. Kita berharap agenda kunjungan ini mampu mengajak kepala daerah yang dikunjungi bersama-sama menurunkan inflasi,” ujar Hendro.

Fraksi PKS yakin, upaya untuk menekan laju inflasi di Sumatera Utara akan mampu dilakukan lewat koordinasi yang baik antara gubernur dengan para kepala daerah. Dengan begitu, Sumatera Utara dapat ditetapkan sebagai daerah terbaik dalam pengendalian inflasi.

“Banyak yang dapat dilakukan lewat koordinasi gubernur dengan kepala daerah. Salah satunya dengan intervensi harga pasar untuk menjaga daya beli masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui Edy Rahmayadi melakukan rangkaian kunjungan ke sejumlah daerah dalam 10 hari. Daerah yang dikunjunginya antara lain Kabupaten Mandailing Natal, Padang Sidimpuan, Padang Lawas, Padanglawas Utara, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan. Agenda kunjungan pada setiap daerah hampir sama yakni bertemu dengan masyarakat dan para kepala daerah dalam rangka meninjau pembangunan pada daerah masing-masing.