Sofyan Tan: Kreatifitas Mengelola Dana BOS Membuat Sekolah Survive Di Masa Pandemi

Anggota DPR RI Sofyan Tan/RMOLSumut
Anggota DPR RI Sofyan Tan/RMOLSumut

Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) saat ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk tetap mempertahankan pendidikan di masa pandemi covid-19.


Sebab, pengelola sekolah dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai kebutuhan sekolah mereka mulai dari pembangunan sekolah, subsidi uang sekolah siswa, hingga peningkatan kesejahteraan guru.

Demikian dikatakan anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan saat membuka Workshop Pendidikan "Peran Dana Bos Dalam Rangka Akselerasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas", yang digelar di Four Points Hotel, Selasa (28/9/2021).

"Dulu banyak sekolah yang tidak melihat dana BOS itu penting, sehingga menolak menerima atau mengajukan. Padahal saat pandemi seperti sekarang ini, banyak murid yang menunggak uang sekolah, sehingga gaji guru terancam. Makanya saat seperti ini dana bos itu penting," ujar Sofyan Tan.

Anggota Komisi X DPR RI ini menjelaskan, aturan penggunaan dana BOS saat ini memungkinkan para pengelola untuk lebih leluasa mempergunakannya sepanjang tidak memunculkan kontradiksi dengan kebijakan untuk memajukan dunia pendidikan.

“Harusnya, dana BOS itu bisa dijadikannya penarik minat untuk orangtua mendaftarkan anaknya. Dengan pendaftaran gratis misalnya, karena pendaftaran itu sudah dibayarkan lewat dana BOS," ujarnya.