Soal Perkembangan UISU, Rektor Silaturahmi ke Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti

Rektor UISU Yanhar Jamaluddin bersilaturahmi ke Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Ir. Ridwan/Ist
Rektor UISU Yanhar Jamaluddin bersilaturahmi ke Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Ir. Ridwan/Ist

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturahmi dengan Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Ir. Ridwan, M.Sc di  Ditjen Dikti Jakarta Selasa (5/10/2021).


Pertemuan itu dalam rangka menyampaikan perkembangan dan informasi terkait UISU sejak masa kepemimpinan Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP menjadi Rektor UISU masa bakti  2019-2023.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab itu, Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP secara gamblang menyampaikan perkembangan akademik UISU selama 2 tahun belakangan ini. Termasuk, diantaranya rencana pembukaan Program Studi Doktor (S3) Ilmu Hukum, Manajemen dan Kajian Bahasa Inggris yg saat ini sedang proses pengajuan di Silemkerma. Selain itu juga UISU rencananya akan membuka Program Studi Pasca Sarjana (S2) Bio Medik Anti Aging (proses upload) dan Teknik Informatika (proses penyusunan borang) serta pembukaan Program Studi Sarjana (S1) Teknik Kimia, Pertambangan, Geologi dan PWK.

Dijelaskan Rektor, bahwa pembukaan Program Studi itu tentu melihat kebutuhan calon mahasiswa terhadap program studi yang diminati dan yang dbutuhkan calon mahasiswa dan juga kebutuhan pasar dan stakeholder.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP berharap pembukaan Program Studi baru di lingkungan UISU itu dapat segera direalisasikan sesuai dengan pemenuhan persyaratan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Untuk itu Rektor berharap Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi dapat hadir ke UISU untuk memberikan penguatan akademik dan penguatan kompetensi tata kelola perguruan tinggi kepada seluruh pimpinan UISU yang merujuk kepada hasil pencapaian di tahun 2019 hingga 2021.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UISU juga menjelaskan kesiapan UISU yang telah melaksanakan Kurikulum berbasis KKNI dan berorientasi pd kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Saat ini, katanya, UISU telah menjalankan kurikulum berbasis MBKM dan terus berbenah untuk mensukseskan program MBKM di masing-masing Program Studi di lingkungan UISU. Salah satunya, dengan meningkatkan kerjasama antara institusi dalam rangka kolaborasi antara UISU dengan Pemerintah Daerah, BUMN, Dunia Usaha dan Induatri,  Perusahaan Daerah dan Swasta guna mendukung program MBKM.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Ir. Ridwan, M.Sc yang secara khusus menerima kunjungan Rektor UISU menyampaikan apreasiasinya atas kemajuan dan perkembangan UISU pada dua tahun teakhir ini. Menurutnya, sebagai perguruan tinggi yang sudah berpengalaman dan pertama hadir di Sumatera, UISU harus mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya dan menjadi Perguruan Tinggi yang mencapai predikat unggul. Terkait rencana undangan kegiatan penguatan akademik dan tata Kelola pendidikan tinggi, Dr. Ir. Ridwan, M.Sc menyampaikan rencananya pekan depan akan hadir di UISU dalam rangka memberikan penguatan akademik dan tata kelola perguruan tinggi terhadap seluruh unsur pimpinan di UISU.