Soal Penanganan Covid-19, Edy Rahmayadi Klaim Sumut Terbaik se-Indonesia

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi/RMOLSumut
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi/RMOLSumut

Sumatera Utara menjadi provinsi terbaik dalam menangani kasus covid-19 pasca lebaran 2022.


Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi berdasarkan data terpapar covid-19 dalam beberapa hari terakhir dimana jumlah penambahan kasus hanya pada kisaran 6 orang per harinya.

“Hari ini sumut no 1 yang terbaik di 34 provinsi. Hari ini hanya 6 paling banyak. Semakin disiplinnya kita, semakin tertanganilah urusan virus covid-19,” katanya usai menjadi Inspektur Upacara pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Lapangan Benteng, Medan, Jumat (20/5/2022).

Terkait pelonggaran penggunaan masker yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Edy Rahmayadi mengatakan hal tersebut menjadi hal yang tetap harus dilaksanakan berdasarkan kondisi di lapangan. Ia berharap masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan pada tempat-tempat tertentu.

“Boleh kita buka masker dalam kondisi yang memang kita yakini tempat itu aman, terbuka dna jumlah orang tidak terlalu banyak. Dan kalau disitu sudah banyak warga kita susah mendeteksi,” katanya.

Edy Rahmayadi menambahkan, Presiden menyatakan hal tersebut berkaitan dengan kebutuhan untuk kembali memulihkan perekonomian bangsa.

“Presiden menyatakan ini dalam rangka, perekonomian kita ini harus tumbuh, kalau terus dikekang seperti ini, komunikasi susah dan rasa takut. Ekonomi kita sulit untuk pulih kembali seperti sedia kala,” ujarnya.

Atas kondisi ini, Edy Rahmayadi mengimbau kepada masyarakat Sumatera Utara untuk tetap waspada terhadap potensi penularan covid-19. Jajaran pemerintah dan aparat menurutnya masih terus gencar untuk mendorong vaksinasi masyarakat.

“Tetap saja covid belum selesai, tetap kita harus waspadai, Kapolda, Panglima Kodam terus genjar untuk melakukan vaksinasi. Karena itulah kehadiran pemerintah untuk menyayangi rakyatnya, kalau ada yang teledor-teledor dengan covid. Dengan di vaksin sehingga imunnya kuat apabila virus datang tidak manjadikan persoalan,” pungkasnya.