SMP Negeri 5 Binjai Ikut Menyambut Hari Lingkungan Hidup Nasional, 10 Januari 2021

Guru dan siswa SMP Negeri 5 Binjai saat mendemonstrasikan pembuatan eco enzyme/RMOLSumut
Guru dan siswa SMP Negeri 5 Binjai saat mendemonstrasikan pembuatan eco enzyme/RMOLSumut

Oleh: Serasi Malem Sitepu SP.d


Gerakan mencintai lingkungan sejak dini dilakukan oleh Siswa SMP Negeri 5 Binjai dengan membersihkan sampah plastik, membuat kompos dan membagikan cairan alami eco enzyme kepada masyarakat sekitar di lingkungan sekolah, sebagai momentum memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional yang jatuh pada tanggal 10 Januari 2021. 

Sejak dini SMP Negeri 5 Binjai mendidik dan mananamkan kepada siswa untuk mencintai lingkungannya dengan menjaga lingkungannya tetap bersih.

 Sekolah akan fokus kepada penyelamatan dan pelestarian lingkungan dengan cara memanfaatkan dan mengolah limbah yang ada disekitarnya dengan cara memproduksi eco enzyme dan pupuk kompos. 

Eco enzyme diproduksi siswa dengan cara memanfaatkan limbah organik,yakni sisa buah buahan yang tidak terpakai diolah dengan cara merajang limbah buah menjadi potongan dadu kecil-kecil lalu dicampur air dan ditambah molase dengan perbandingan, limbah buah : molase : air = 3:1:10 difermentasi secara anaerob selama 100 hari. 

Sampah organik yang ada dilingkungan sekolah dimanfaatkan menjadi pupuk kompos, proses pembuatannya, sampah daun dicampur kotoran ternak ditambah serbuk kayu dan cacahan  batang pisang kemudian disiram cairan eco enzyme untuk mempercepat proses pengomposannya. Proses pengomposannya difermentasi secara anaerob selama 30 hari. 

Momentum Hari Lingkungan Hidup Nasional ini, SMP Negeri 5 Binjai turut terlibat langsung dalam mengedukasi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dengan cara para siswa membagi dan mendemontrasikan penggunaan caiaran eco enzyme ke masyarakat sekitar lingkungan sekolah, dengan menyiram eco enzyme yang telah dicampur air ke tanaman sebagai pupuk.

*Penulis adalah Pembantu Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Binjai Bidang Kesiswaan