Siswi SMA Asal Medan Jadi Pembawa Baki Bendera Merah Putih Pada HUT RI 76 Di Istana

Ardelia Muthia Zahwa/Net
Ardelia Muthia Zahwa/Net

Anggota paskibraka asal Kota Medan terpilih menjadi pembawa baki bendera merah putih pada upacara HUT RI ke-76 di Istana Negara, Selasa (17/8/2021). 


Sosok tersebut adalah Ardelia Muthia Zahwa remaja 16 tahun yang tercatat sebagai siswi di SMA Swasta Harapan 1 Medan. Terpilihnya Ardelia menjadi kebanggaan sendiri bagi pihak SMA Harapan I Medan. Mereka bahkan menggelar acara nonton bareng bersama orang tua Ardelia di sekolah yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Medan tersebut.

"Alhamdulillah... Selamat kepada Siswa-Siswi SMA Swasta Harapan 1 Medan yang Lulus Seleksi Paskibra Tingkat Kota Medan dan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021," tulis situs resmi SMA Harapan 1 Medan.

Ardelia merupakan bagian Tim Indonesia Tangguh, tim yang terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Selain Ardelia Muthia Zahwa, tiga orang lainnya yang menjadi tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Informasi yang diperoleh menyebutkan Ardelia Muthia Zahwa lahir di Tebing Tinggi, 6 Desember 2004. Ia merupakan siswa kelas X MIPA 2.

Ardelia Muthia Zahwa sebelumnya lulus seleksi Paskibraka tingkat Medan. Dia kemudian mengikuti seleksi di tingkat provinsi dengan menjalani tes akademik, tes jasmani, dan wawancara. Saat seleksi wawancara, Sekretaris Dispora Sumatra Utara, Danton Kaveli dan Pihak TNI Angkatan Udara Lanud Suwondo yang langsung melakukan sesi tanya jawab pada remaja 16 tahun itu. Dan setelahnya Ardelia sukses menjadi anggota Paskibraka Nasional hingga terpilih sebagai pembawa baki Bendera Merah Putih.