Silaturrahim Bersama Masyarakat Tionghoa Sumut, Rapidin Ajak Bangun Kedamaian Dalam Kemajemukan

Rapidin Simbolon dan Sofyan Tan bersama komunitas suku Tionghoa di Medan/RMOLSumut
Rapidin Simbolon dan Sofyan Tan bersama komunitas suku Tionghoa di Medan/RMOLSumut

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang penduduknya sangat hetrogen, berbagai suku bangsa, agama dan ras ada di Sumut, salah satunya adalah  masyarakat Tionghoa.


Di tengah heteroginitas dan kemajemukan tersebut tentunya mengandung potensi-potensi gesekan horizontal. Tetapi kita patut bersyukur bahwa masyarakat Sumut sangat mencintai  kerukunan dan perdamaian, sehingga potensi itu dapat kita jaga dan kita ubah menjadi suasana yang penuh kekeluargaan karena kita sangat  menjiwai semangat toleransi yang diajarkan oleh Bung Karno.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan  Sumut Rapidin Simbolon saat memberikan sambutan pada acara silaturrahim bersama masyarakat Tionghoa Sumut di Citi Kopi Club H5 – J5 Jalan Palang Merah N0 112 A Medan, Jumat (26/11/2021).

Acara silaturrahim yang digagas oleh Sofyan Tan yang merupakan Anggota DPR RI Komisi X, terpilih melalui Dapil Sumut I tersebut, dihadiri beberapa tokoh Tionghoa Sumut seperti Tansri Candra, Rudy Hermanto, Robinson, Bachrum, Usman, Ateng, Lintong dan beberapa tokoh lainnya.

“Saya merasa tersanjung dan senang sekali bisa bersilaturrahim bersama tokoh-tokoh besar Tionghoa di Sumut, karena saat saya ditunjuk Ibu Mega untuk menjadi Ketua DPD Partai, salah satu pesan Ibu adalah bertemu dengan komunitas Tionghoa sebab semuanya merupakan saudara dari Pak Sofyan Tan, itu berarti masyarakat Tionghoa juga menjadi saudara PDI Perjuangan,” ujar Rapidin yang saat itu didampingi Wakil Ketua DPD Bindang Komunikasi Politik Aswan Jaya.

Rapidin juga menyatakan bahwa perkenalannya dengan masyarakat Tionghoa sejak ia masih kecil, di Samosir banyak parawisata yang berasal dari Tionghoa, lalu saat menjabat sebagai Bupati Samosir komunikasi terutama dengan investor Tionghoa semakin intensif untuk berbicara berbagai aspek untuk memajukan wisata di Samosir.

“Saya juga berharap dan mengajak masyarakat Tionghoa di Sumut untuk bersama-sama menjaga kemajemukan dalam damai dan tentunya masyarakat Tionghoa di Sumut bersatu mendukung PDI Perjuangan pada setiap momentum politik di Sumut,” lanjut Rapidin.

Sementara itu, Sofyan Tan dalam sambutannya menyatakan bahwa Rapidin Simbolon merupakan sahabat yang cukup lama bagi masyarakat Tionghoa yang telah berhasil meletakkan Samosir sebagai sentra wisata di Sumut.

“Rapidin orang yang cermat dan konsisten dalam membangun Samosir, tapi Tuhan memberikan keinginan yang lain yaitu memimpin PDI Perjuangan Sumut, karena Ibu Mega sebagai Ketum PDI Perjuangan punya keyakinan bahwa Pak Rapidin mampu membawa kemenangan di Sumut pada Pemilu 2024 dalam rangka mencapai  target hatrick,” ucap Sofyan Tan.

Sofyan Tan juga menyatakan mendapat tugas khsusus dari pimpinan partai yaitu membantu Rapidin untuk bisa meraih suara sebanyak-banyaknya sebagai jaminan juara pada Pemilu kedepan dan pastilah mayoritas masyarakat Tionghoa akan mendukung kepemimpinan Pak Rapidin terutama yang memang sejak awal sudah bersama kita selama ini. 

“Ayo bersama-bersama membangun Sumut yang hetrogen sebagai Indonesia mini untuk menjadi contoh kehidupan yang penuh ragam tapi rukun dan damai,” seru Sofyan Tan dihadapan komunitas Tionghoa.