Setelah Kesultanan Buton, Presiden Jokowi akan Terima Gelar Kesultanan Ternate

 Presiden Joko Widodo saat menerima gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton, Selasa, 27 September 2022/Net
Presiden Joko Widodo saat menerima gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton, Selasa, 27 September 2022/Net

Presiden Joko Widodo akan menerima gelar adat Kesultanan Ternate, di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.


Penganugerahan gelar tersebut akan diterima Presiden Jokowi dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat dan Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Rabu (28/9).

“Yang pertama adalah menghadiri penganugerahan gelar adat Kesultanan Ternate, di sana nanti Bapak Presiden diberikan gelar kesultanan,” ucap Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulisnya.

Penganugerahan gelar ini pun menjadi istimewa setelah sebelumnya Presiden Jokowi juga menerima gelar kehormatan Adat Kesultanan Buton, yaitu La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara.

Di Maluku Utara, Kepala Negara juga akan meninjau Pasar Bahari Berkesan dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate untuk menyerahkan bantuan sosial sekaligus mengecek penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) kepada masyarakat.

Setelah itu, Kepala Negara akan menuju Bandara Sultan Babullah Ternate untuk kemudian lepas landas ke Kabupaten Halmahera Barat. Setibanya di sana, Presiden akan bertemu masyarakat di Kantor Pos Jailolo dan Pasar Rakyat Jailolo.

“Beliau memastikan bantuan-bantuan sudah sampai ke masyarakat dan tentunya menyapa kembali di Pasar Halmahera Barat, Pasar Jailolo,” jelas Heru.

Heru menuturkan, Kepala Negara kemudian akan lepas landas ke Kota Tidore Kepulauan. Presiden akan langsung menuju ke Pasar Galala dan Kantor Pos Desa Guraping untuk melaksanakan hal serupa.

“Setelah itu masih ada waktu, beliau akan menuju ke Sofifi, Tidore, di mana akan ada kegiatan juga, yaitu ke Pasar Galala dan kantor pos, titik terakhir ke UKM Mart,” tuturnya.