Semifinal Dihuni Ganda Peringkat 10 Besar, 'Tantangan Berat' Menanti Hendra/Ahsan Di Olimpiade Tokyo

Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan/Net
Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan/Net

Perebutan emas Olimpiade Tokyo 2020 pada cabang olah raga bulu tangkis sektor ganda putra dipastikan akan sangat ketat.


Hal ini karena para pemain yang lolos ke babak ini merupakan pemain yang memiliki nama besar di sektor ganda putra.

Berdasarkaan data saat ini, empat ganda putra yang akan bertarung di partai semifinal merupakan penghuni rangkin 10 besar pada federasi bulu tangkis dunia BWF. 

Masing-masing adalah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) yang kini menghuni peringkat 2 BWF, yang akan bertemu Lee Yang/Wang Chi-Lin (China Taipei) yang berperingkat 3 BWF. Dua pasangan ini akan mengawali laga pada partai semifinal.

Sedangkan pada pertandingan lainnya akan mempertemukan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dan Li Junhui/Liu Yu Chen (China). Aaron Chia/Soh Wooi Yik saat ini bertengger pada peringkat 9 BWF, sedangkan Li Junhui/Liu Yu Chen (China) berperingkat 6 BWF.

Secara khusus di Indonesia, harapan masyarakat Indonesia kepada Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi sangat besar. Tanpa mengesampingkan para wakil Indonesia yang masih lolos seperti Greysia Polii/Apriani Rahayu di ganda putri, dan duo tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie, ekspektasi masyarakat akan lebih besar kepada Hendra/Ahsan. Sebab, mereka berstatus unggulan kedua dibawah Marcus/Kevin yang secara mengejutkan tersingkir.

Berdasarkan rekor pertemuan, Hendra/Ahsan masih unggul 6-4 dari Lee/Wang. Dari sisi peringkat, mereka juga berada diatas wakil China Taipei tersebut. Namun hal ini tidak dapat menjadi acuan untuk menyebut kemenangan akan berada di pihak Hendra/Ahsan.

Bahkan jika lolos pun, The Daddies masih akan menemui lawan tangguh yakni pemenang antara Aaron Chia/Soh Wooi Yik vs Li Junhui/Liu Yu Chen.

The Daddies –julukan Ahsan/Hendra masih kalah head to head 6-8 dari Li Junhui/Liu Yu Chen. Sedangkan head to head dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, mereka unggul 6-1. Akan tetapi hal yang perlu dicatat adalah Chia/Soh merupakan ganda yang memulangkan Marcus/Kevin, rekan senegara Hendra/Ahsan sekaligus lawan yang memegang rekor kemenangan 9-2 dari 11 pertemuan mereka.

Catatan lain yang menjadi sorotan dalam pertandingan ini adalah Hendra/Ahsan menjadi ganda dengan usia tertua dibanding ganda lain yang menghuni babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020 ini.