Sebut TNI Seperti Gerombolan, Effendi Simbolon Diperika MKD

Effendi Simbolon/Net
Effendi Simbolon/Net

Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon hari ini dijadwalkan diperiksa Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) buntut pernyataan 'TNI seperti gerombolan' yang dilontarkan saat rapat kerja bersama Komisi I dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa beberapa waktu lalu.


Wakil Ketua MKD DPR RI, Habiburrokhman menuturkan, pihaknya akan memeriksa politisi PDI Perjuangan tersebut siang ini.

"MKD DPR sudah Rapim (rapat pimpinan), kami memutuskan memanggil saudara Effendi Simbolon karena sudah diadukan juga oleh dua pengadu, yang satu perseorangan yang satu atas nama Pemuda Panca Marga soal rapat di Komisi I,” ucap Habiburrokhman kepada wartawan, Kamis (15/9).

Tak hanya Effendi Simbolon, pihaknya juga akan mengklarifikasi pernyataan KSAD, Jenderal Dudung Abdurachman yang tersebar di media sosial. Dalam pernyataannya, Jenderal Dudung ikut marah dengan pernyataan Effendi Simbolon yang menyamakan TNI seperti gerombolan ormas.

“Terkait pernyataan pak Dudung yang juga sudah banyak beredar di WAG (WhatsApp grup), komisi di DPR banyak yang mempertanyakan kok DPR diintimidasi. Kami juga ingin mengklarifikasi karena terkait juga dengan pernyataan Effendi Simbolon,” katanya.

Pihak MKD mengusulkan untuk memanggil Jenderal Dudung untuk menjernihkan permasalahan antara TNI dengan DPR RI.

“Saya mengusulkan agar MKD juga memanggil saudara Dudung supaya clear, yang benar katakan benar, yang salah katakan salah,” tutupnya.