Sandiaga Uno: Kerjasama Indonesia dan Korea Selatan Sangat Penting

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada webinar internasional 'ASEAN-Korea Cooperation Onward, Outlining ROK's Advanced Policy in ASEAN'/Repro
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada webinar internasional 'ASEAN-Korea Cooperation Onward, Outlining ROK's Advanced Policy in ASEAN'/Repro

Kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan akan sangat penting dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.


Hal ini mengingat Indonesia memiliki ragam keindahan alam dan berbagai industri kerajinan yang sangat bernilai tinggi dalam dunia pariwisata. Dan pada sisi lain, Korea Selatan merupakan salah satu kiblat ekonomi kreatif terutama pada bidang seni.

Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Sandiaga Uno saat berbicara pada pembukaan webinar internasional 'ASEAN-Korea Cooperation Onward, Outlining ROK's Advanced Policy in ASEAN' yang diinisiasi oleh Korea Center Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (2/11/2021).

"Hal inilah yang membut kerjasama Indonesia dan Korea Selatan akan menjadi kesempatan yang luar biasa," katanya.

Sandiaga menjelaskan, saat ini Indonesia-Korea Selatan memiliki beberapa kerjasama yang sangat intens pada beberapa bidang seperti bidang enterpreneur, fashion, film, fotography, musik, seni, desiner dan berbagai kerjasama lainnya. Kedepan kerjasama ini akan terus ditingkatkan dimana Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan bekerjasama dalam beberapa bidang lain seperti berbagi pengalaman pengembangan industri keratif, termasuk co-branding dunia pariwisata antar negara.

"Saya kira ada beberapa produk kita yang bisa dikirim ke Korea seperti Sinetron hingga musik dangdut. Tahun 2022 kita harus menggalakkan kembali kerjasama dengan korea sebagai langkah untuk meningkatkan kembali gairah ekonomi yang terimbas pandemi covid-19," pungkasnya.

Webinar internasional 'ASEAN-Korea Cooperation Onward, Outlining ROK's Advanced Policy in ASEAN' ini berlangsung dalam 3 sesi membahas berbagai kebijakan Korea Selatan dengan negara-negara ASEAN mulai dari kebijakan ekonomi hingga berbagai potensi kerjasama ditengah pandemi covid-19.

Webinar ini menghadirkan para pembicara termasuk duta besar Korea Selatan untuk ASEAN, kalangan akademisi dan berbagai kalangan lainnya.