Samsul Hasibuan Bersama UKM Jurnalis Perkenalkan Penyulingan Eucalyptus Secara Tradisional

Senior Manager Social Capital PT Toba Pulp Lestari Ir Simon H Sidabukke dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Husni melihat penyulingan tradisional Eucalyptus/RMOLSumut
Senior Manager Social Capital PT Toba Pulp Lestari Ir Simon H Sidabukke dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Husni melihat penyulingan tradisional Eucalyptus/RMOLSumut

Samsul Hasibuan bersama UKM Jurnalis Bina Mandiri memperkenalkan penyulingan Daun Eucalyptus secara tradisional, dalam kegiatan penanaman bersama bibit Eucalyptus dan demo penyulingan minyak Atsiri di Taman Cadika, Medan Johor, Rabu (2/12/2020).


Pemerintah Kota (Pemko) Medan menyambut baik gagasan dari UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) dan berharap pihak UKM JBM terus mengembangkan alat penyulingan daun eucalyptus secara tradisional bersama masyarakat.

"Saya berharap, UKM Jurnalis Bina Mandiri nantinya dapat mengedukasi masyarakat agar mengetahui manfaat dari tanaman Pohon Eucalyptus yang menghasilkan minyak atsiri eucalyptus yang mampu menangkal virus corona," kata Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, H. M Husni. 

Sementara itu, Sekretaris UKM JBM, Harizal dalam laporannya menyampaikan ide mengenai penyulingan minyak atsiri dengan memanfaatkan tanaman Eucalyptus ini muncul seiring permasalahan yang dialami masyarakat terkait pandemi covid 19.

“Jujur saja, setiap hari kami banyak bergelut dalam meliput persoalan covid-19. Dan kegiatan ini merupakan salah satu ide yang muncul untuk memberikan solusi atas penyebaran covid 19 ditengah masyarakat. 

"Harapan kita (UKM JBM), selain untuk menanggulangi penyebaran covid-19, ini juga menjadi bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi tersebut,” ujarnya.