UMKM Lokal berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.
Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI mencata jumlah persentase UMKM mencapai 99% dari seluruh unit usaha, sedangkan UMKM mampu menyerap tenaga kerja hingga 96,9%.
Hal ini tidak terlepas dari dorongan berbagai pihak termasuk platform digital Tokopedia. Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Narisah Wulandari mengatakan pihaknya terus mendorong peningkatan UMKM dengan memberi panggung bagi mereka salah satunya yakni Hyperlocal Tokopedia.
“Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal memberikan panggung bagi lebih dari 14 juta pelaku UMKM lokal,” katanya, Rabu (8/11/2023).
Dijelaskannya, Hyperlocal Tokopedia memiliki berbagai manifestasi. Salah satunya Kumpulan Toko Pilihan (KTP), yang menjadi halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.
“Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual termasuk UMKM Indonesia menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” tambah Nafisah.
Pada sisi lain kata Nafisah, Tokopedia juga rutin memberi pendampingan bisnis online bagi UMKM Indonesia. Contohnya, lewat Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses UMKM secara gratis untuk mendapatkan banyak materi tentang pengembangan usaha.
“Tokopedia bersama pemerintah daerah juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital untuk UMKM lokal di Jabodetabek, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar dan masih banyak lagi,” pungkasnya.
Tokopedia juga terus berinovasi untuk membantu pengembangan UMKM lokal lewat sederet inovasi self-service experience di Seller Dashboard Tokopedia.
© Copyright 2024, All Rights Reserved