Renovasi SMANSA Medan Habiskan Rp 5,1 Miliar, Edy Rahmayadi: Contoh Hal Keindahan dan Kenyamanan Tempat Belajar

Edy Rahmayadi meninjau SMAN 1 Medan/RMOLSumut
Edy Rahmayadi meninjau SMAN 1 Medan/RMOLSumut

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meresmikan gedung baru SMA Negeri 1 Medan yang selesai direnovasi, Rabu (20/1). Menurutnya renovasi yang memakan dana Rp 5,1 miliar tersebut harus mendorong semangat dan proses belajar dan mengajar.


Menurutnya, revitalisasi gedung SMAN 1 dapat menjadi contoh bagi SMAN lainnya di Sumut dalam hal keindahan dan kenyamanan gedung sekolah tempat siswa belajar.

"Pendidikan ini adalah salah satu visi saya dalam menjawab tentang SDM. Kalau ini baik, anak-anak itu nyaman belajar, itu yang kita harapkan," ujarnya,

Soal anggaran besar yang dipakai, Edy menjelaskan dana tersebut merupakan sebagian dana yang sudah dianggarkan sebelum masa pandemi Covid-19. Lima SMA Negeri di Medan yang mendapat penganggaran yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4 dan SMAN 5, namun saat ini baru terealisasi di SMAN 1 Medan.

Sementara mengenai proses tahap belajar tatap muka, Edy Rahmayadi menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sampai saat ini belum memberikan izin proses tatap muka untuk dilaksanakan, karena penyebaran Covid-19 masih belum terkendali.

Selain itu, menurut Edy, berdasarkan diskusi yang dilaksanakan dengan para pakar psikologi dan anak, untuk penerapan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) di lingkungan sekolah belum ada jaminan hal itu dapat terlaksana dengan baik nantinya.

"Penerapan 3M di luar sekolah yakni masyarakat umum saja sampai saat ini masih sulit kita minta pada masyarakat untuk mematuhinya. Apalagi anak remaja, tentu akan lebih sulit kita menerapkan itu," pungkasnya.