Rekrut Pendamping Tani Untuk Sumut, Rektor UISU Apresiasi Kolaborasi dengan Daun Agro Nusantara

Foto/RMOLSumut
Foto/RMOLSumut

Kerjasama yang dilakukan Fakultas Pertanian UISU bersama PT. Daun Agro Nusantara yang berkedudukan di Jakarta mendapat apresiasi dari Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP. Hal itu sampaikannya saat memberikan sambutan dalam kegiatan penandatanganan MoU UISU bersama PT. Daun Agro dan dilanjutkan dengan MoA Fakultas Pertanian UISU bersama PT. Daun Agro Nusantara sekaligus rekruitmen pendamping petani di Kampus Fakultas Pertanian UISU Jalan SM Raja Medan kemarin (16/10).


"Ini adalah era kolaborasi, kita tidak mungkin maju sendiri tanpa ada kolaborasi dengan pihak lain. Kerjasama ini merupakan indikator bahwa kita mampu bekerjasama yang tujuan akhirnya dalam rangka mencapai visi dan misi UISU,"kata Rektor UISU dalam kegiatan yang juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST. MT, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi, SS. MA.

Diuraikan Rektor bahwa UISu sebagai lembaga pendidikan tinggi memang harus banyak melakukan kolaborasi dengan pihak swasta maupun pemerintah. Subtansi kolaborasi atau kerjasama, menurutnya adalah persoalan kepercayaan (trust). 

“Adanya kegiatan penandatanganan MoU ini merupakan indikator bahwa UISU berhasil mendapatkan trust dengan para pihak yang bekerjasama,"katanya dalam kegiatan yang dihadiri Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Murni Sari Rahayu, MP serta para Wakil Dekan dan Pimpinan Program Studi Fakultas Pertanian UISU.
Rektor UISU juga mengapresiasi kerja Dekan Fakultas Pertanian beserta tim dalam penjajakan kerjasama dengan PT Daun Agro Nusantara hingga proses penandatanganan MoU dan MOA dalam bentuk rekruitmen tenaga kerja. Terlebih lagi, pimpinan PT. Daun Agro Nusantara merupakan alumni Fakultas Pertanian UISU. 

"Ini membuktikan bahwa silaturahmi alumni dengan pimpinan fakultas Pertanian berlangsung harmonis. Namun, Rektor UISU juga mengingatkan agar peluang rekruitmen terhadap alumni ini dimanfaatkan juga untuk melakukan tracer alumni. "Ini penting sebagai laporan institusi untuk melihat penilaian user atau penggunaan dalam hal ini PT Daun Agro Nusantara terhadap alumni UISU,"jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UISU Dr. Ir. Murni Sari Rahayu, MP dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada PT. Daun Agro Nusantara yang telah bersedia bekerjasama dengan Fakultas Pertanian UISU. Pihaknya berharap alumni Fakultas Pertanian UISU yang ada di sektor swasta dan pemerintah mampu membawa kemajuan untuk Fakultas Pertanian UISU.

M. Hadi Nainggolan selaku pimpinan PT. Daun Agro Nusantara pada kesempatan itu menjelaskan bahwa kerjasama yang dilakukan bersama UISU dalam rangka mensukseskan program pemerintah untuk optimalisasi penyerapan kredit perbankan disektor Pertanian. 

Saat ini, Hadi menjeleaskan bahwa data menunjukkan pertumbuhan sektor pertanian meningkat  16,4 persen. "Pandemi membuat berbagai sektor usaha minus dan yang mempu tumbuh berkembang saat ini adalah sektor pertanian,"ujarnya.

Pemerintah sekarang berusaha mendorong dan membantu petani disektor pangan dengan memberikan kredit.
 
"Persoalan kemudian adalah ternyata 79 masyarakat tani kita tidak mampu mengakses sektor Perbankan,"katanya. Berdasarkan fakta diatas akhirnya pemerintah bekerjasama dengan berbagai organisasi, salah satunya PT. Daun Agro Nusantara untuk menjadi opteker atau bapak asuh yang akan bertugas mengedukasi masyarakat tani. 

Terkait hal itu, pihaknya langsung melakukan pembicaraan dengan Pimpinan Fakultas Pertanian untuk melakukan penandatanganan MoU dan MoA sekaligus merekrut tenaga kerja yang berasal dari alumni UISU. 

Hasil rekruitmen tenaga kerja nanti akan langsung mendampingi petani dan kelompok tani di Sumatera Utara untuk membantu dari sisi pembiayaan melalui kredit perbankan dan melakukan edukasi. Sebab itu, pihak merasa bersyukur kerjasama dengan UISU dapat langsung bersamaan dengan kegiatan rekruitmen tenaga kerja agar program tersebut dapat direalisasikan diakhir tahun ini.