Rekam Jejak Ganjar Pranowo Bikin Kalangan Santri di Deli Serdang Terus Galang Dukungan untuk Maju Pilpres 2024

Foto/ist
Foto/ist

Konsolidasi untuk mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 masih berlanjut di Deli Serdang, Sumatera Utara.


Hari ini jaringan Santri Dukung Ganjar (SDG) menggelar kegiatan bertajuk ‘Festival Santri’ di Pondok Pesantren Modern Al-Mukhlisin, Tanjung Morawa yang dimeriahkan dengan berbagai lomba mulai dari kegiatan olah raga maupun seni hingga lomba pidat.

Koordinator Wilayah SDG Sumatera Utara, Randi Hermawan mengatakan kegiatan ini menjadi bagian dari konsolidasi mereka unutk mendukung gerakan mendukung Ganjar menjadi presiden 2024.

"Kami dari Santri Dukung Ganjar mengadakan kegiatan Festival Santri bekerjasama dengan Pondok Pesantren Al Mukhlisin, yang diikuti 400 peserta perwakilan dari 10 Pondok Pesantren," katanya, Kamis (8/9/2022).

Dijelaskannya, Ganjar Pranowo mendapat banyak dukungan dari berbagai daerah karena karakternya pribadi dan kepemimpinannya yang memang baik. Kepeduliannya kepada rakyat sangat konkret dan menonjol. Misalnya, kepedulian Ganjar kepada veteran pejuang Kemerdekaan. Bahkan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) pernah mengemukakan pria kelahiran Karanganyar, 28 Oktober 1968 itu merupakan satu di antara sedikit gubernur yang punya kepedulian nyata terhadap veteran.

"Pak Ganjar sendiri dikenal sebagai pemimpin yang peduli terhadap seluruh lapisan masyarakat, salah satunya veteran pejuang kemerdekaan Indonesia dengan kerap bersilaturahmi maupun memberikan bantuan seperti renovasi rumah lewat RTLH," jelas Randi.

Terhadap para ulama, santri, maupun Pondok Pesantren di Jawa Tengah, Ganjar juga memiliki banyak program pemberdayaan agar status dan kualitas pondok pesantren bisa sejajar dengan pendidikan umum. Ganjar juga terus menjalin kerjasama dengan kalangan pondok pesantren dalam upaya mendorong toleransi dan moderasi beragama. Dalam sektor ekonomi, Ganjar mendorong keterlibatan perusahaan dalam pemberdayaan enterpreneur santri.

"Kemudian, beliau merangkul para ulama, selalu berkunjung ke pesantren dan santri dan memberikan berbagai akses maupun fasilitas. Contoh kecil, beliau memberikan bantuan untuk santri yang telah hafal Al-Qur’an 30 juz senilai Rp1 juta dan juga pesantren," terang Randi.

Randi berharap, gaya kepemimpinan Ganjar bisa naik ke level Nasional karena memang inilah yang kebutuhan masyarakat. Termasuk berbagai -program yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan.

"Ke depan kami dari relawan SDG akan terus mengkonsolidasikan dukungan untuk Pak Ganjar, lalu hasil-hasil program pak Ganjar akan kami sosialisasikan ke pesantren dan santri. Harapan kami Bapak Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 demi Indonesia yang lebih baik dan maju," tutup Randi.

Di lokasi yang sama, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al Mukhlisin, Ustadz Muhammad Azhari Lubis menyebut figur pemimpin seperti Ganjar lah yang betul-betul dibutuhkan masyarakat. Selain tegas memberantas korupsi, figur berambut putih itu merupakan pemimpin religius, nasionalis, merakyat, demokratis dan berwibawa.

Dia mengaku siap mengkonsolidasikan dukungan kepada masyarakat untuk mendukung Ganjar menjadi Presiden RI periode 2024-2029.

"Pak Ganjar ini saya belum pernah bertemu secara langsung, hanya melalui berbagai pemberitaan media saja. Namun saya sudah bisa merasakan kejujuran dan kebaikan pribadi beliau. Beliau ini bagus dan pantas untuk memimpin Indonesia, saya siap mendukung beliau menjadi Presiden!," tegas Azhari.

Sekadar informasi, 10 pesantren yang turut berpartisipasi dalam Festival Santri meliputi Pesantren Al Muhklisin, Pesantren Fajrul Iman, Mawaridussalam, Pesantren Asyarif, Pesantren Saifullah, Pesantren Hidayatullah, Pesantren Ta’dib Asyakirin, Pesantren Nurul Hakim, Pesantren Azzuhri, dan Pesantren Al Husna. Adapun, dalam kegiatan tersebut, SDG memfasilitasi UMKM santri dan masyarakat sekitar dengan Lapak UMKM demi mendukung kemajuan perekonomian seperti yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo.