Raih Medali Emas, Greysia/Apriani 'Selamatkan Wajah' Indonesia Di Olimpiade Tokyo 

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu/Net
Greysia Polii dan Apriyani Rahayu/Net

Ganda putri Indonesia, Gresysia Polii/Apriani Rahayu berhasil menyelamatkan wajah Indonesia pada cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. 


Satu-satunya wakil Indonesia di ganda putri Olimpiade ini meraih medali emas usai mengalahkan ganda China Cheng Qign Chen/Jia Yi Fan lewat pertandingan dua game langsung 21-19.

Tampil pada partai final yang digelar di Musashino Forest Plaza, Senin (2/8/2021) siang WIB, Greysia/Apriani berhasil mendominasi perolehan angka, meski terus ditempel ketat oleh lawan. Pertandingan di akhir babak pertama bahkan berlangsung menegangkan dimana wakil China yang juga unggulan kedua ini mampu memperkecil selisih angka dari ketertinggal 17-19 menjadi 19-20. Namun sambaran bola tanggung yang keluar lapangan dari Chen Qing Chen membuat mereka harus merelakan game pertama menjadi milik Indonesia.

Pertandingan game kedua juga berjalan sengit. Greysia/Apriani yang memenangkan game pertama tampil lebih percaya diri. Pertahanan mereka yang sulit ditembus membuat lawan kerap kewalahan dan membuat kesalahan. Greysia/Apriani unggul 11-7 pada interval babak kedua.

Selepas interval babak ke Greysia/Apriani semakin menjauh. Mereka tampil semakin percaya diri, diperlihatkan dengan serangan-serangan yang membuat lawan kesulitan mengembangkan permainan. Bahkan ganda China ini tidak mampu memanfaatkan situasi saat Greysia berlari keluar lapangan untuk menggantikan raket saat perolehan angka 18-11.

Pada akhirnya, Greysia/Apriani menutup game dengan skor 21-15 sekaligus meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.