Puan Ingatkan Pemerintah Hati-hati Kelola Utang

Puan Maharani/Net
Puan Maharani/Net

Pemerintah diminta untuk berhati-hati dalam mengelola utang agar rasio tetap dalam batas aman sesuai undang-undang.


Hal ini disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani. Menurutnya hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan efisiensi biaya utang.

"Dalam mengelola pembiayaan defisit, pemerintah agar penuh dengan kehati-hatian dalam menjaga rasio utang dalam batas aman dan sesuai dengan Undang-undang, meningkatkan efisiensi biaya utang, serta menjaga komposisi portofolio utang yang optimal dalam menjaga stabilitas perekonomian serta memperhatikan kapasitas fiskal APBN untuk masa yang akan datang," kata Puan, Senin (16/8/2021).

Selain itu, Puan juga meminta agar belanja negara memiliki kualitas yang lebih baik, sehingga dapat menyejahterakan masyarakat.

"Rasionalisasi belanja negara yang memiliki kualitas spending better, ditandai dengan belanja yang efisien, produktif, menghasilkan multiplier effect perekonomian, dan efektif dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pemerintah agar menjalankan kebijakan kualitas belanja spending better tersebut secara konsisten dan disiplin untuk semua kementerian dan lembaga," paparnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta pemerintah konsisten dalam belanja yang diarahkan pada reformasi SDM, reformasi birokrasi, efisiensi, infrastruktur pelayanan dasar, subsidi tepat sasaran, dukungan pembangunan infrastruktur daerah, dan mitigasi bencana.

"Alokasi program dan anggaran kementerian lembaga harus disiplin diarahkan kepada kebijakan tersebut di atas, dan telah menjadi komitmen pemerintah yang disampaikan saat KEM PPKF," ujarnya.