Protes Promo Miras ‘Muhammad dan Maria’, BM PAN Demo Holywings di Medan

Demo BM PAN Sumut di Holywings Medan/RMOLSumut
Demo BM PAN Sumut di Holywings Medan/RMOLSumut

Barisan Muda Penegak Amanat Nasional Sumatera Utara melakukan aksi damai di depan Holywings club 9, Jalan Merak Jingga, Medan, Rabu (29/6/2022).


Aksi ini masih berkaitan dengan promo minuman beralkohol dengan membawa-bawa nama Muhammad dan Maria yang dilakukan oleh pihak manajemen tempat hiburan tersebut.

Koordinator aksi, Waladun Saleh dalam orasinya mengatakan promo yang dilakukan oleh pihak manajemen Holywings tersebut sangat bermuatan SARA dimana nama Muhammad merupakan nama yang diagungkan oleh penganut agama Islam. Hal yang sama juga diagungkan oleh umat Nasrani untuk nama Maria.

Dalam pernyataan sikapnya, BM PAN menyerukan beberapa hal yakni mengutuk keras penggunaan nama Muhammad dan Maria untuk promo minuman alkohol di Holywings karena mengandung unsur SARA yang mengarah pada tindak pidana penistaan agama.

Saleh mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah dari pihak manajemen yang langsung melakukan permintaan maaf. Akan tetapi, hal ini menurutnya tidak lantas menyelesaikan kasus secara hukum.

“Kita mengapresiasi permintaan maaf yang dilakukan oleh pihak Holywings, namun tetap mendorong dan mendukung langkah Polri dalam memberikan sanksi yang tegas dan melakukan penegakan hukum yang adil dan transparan,” ungkapnya.

Pada sisi lain, massa juga mendesak agar pemerintah meninjau ulang izin operasional Holywings jika kedepannya mengulangi kembali perbuatannya yang melanggar aturan hukum positif dan mencederai perasaan dan kerukunan umat beragama. Mereka juga meminta agar manajemen Holywings menghentikan segala bentuk promosi yang dapat memicu menyinggung SARA tersebut.

“Meminta kepada manajemen Holywings di Kota Medan untuk menghentikan segala bentuk  promosi yang melanggar kerukunan umat beragama dan menindak tegas pelaku yang terlibat hal tersebut,” pungkasnya.