Sejumlah produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) dikawasan Tapanuli, saat ini mulai dipasarkan secara online digital melalui akun resmi Shopee untuk dipasarkan keseluruh penjuru nusantara.
Community Development (CSR) Manager Ramida Siringoringo mengatakan dimasa pandemik Covid-19 TPL kembali mengadakan Web Seminar (Webinar) lanjutan, Selasa (15/12/2020), bersama dengan shopee dan para pelaku UMKM lokal, khususnya Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir, dan Humbahas.
“Webinar kali ini kita arahkan para pelaku usaha UMKM binaan TPL, sudah dapat melakukan aktivasi dan penjualan dengan sistem digital. Produk UMKM binaan TPL seperti madu, keripik pisang toba, bubuk masakan andaliman, sudah dapat dipesan melalui akun shopee untuk seluruh Indonesia,” Kata Ramida, Kamis (17/12/2020) di Pondok Bina Tani TPL di Parmaksian.
Pandemi Covid-19 memang memberi dampak yang besar dan mempengaruhi ekonomi dan pendapat masyarakat, terutama bagi pelaku bisnis baik itu lingkup besar maupun kecil. Ramida Siringoringo mengatakan pemasaran produk UMKM secara digital adalah jawaban atas permasalahan yang terjadi saat ini.
Saat ini menurut Ramida pihaknya (TPL) terus berkomitmen untuk dapat hadir memberikan kontribusi, serta mendukung pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi sosial, khususnya para pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan perusahaan, sekaligus mendukung program Aku Cinta Produk Indonesia.
“Besar harapan kita program ini dapat berjalan dan membantu penjualan para UMKM di Tapanuli dan khususnya yang termasuk dalam Binaan TPL. Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak terkhusus shopee, yang telah membuka jaringan marketing digital untuk para UMKM lokal dalam pemasaran produk mereka,” harap Ramida Siringoringo.
Ketua asosiasi UMKM Kabupaten Toba Marandus Sirait mengungkapkan pihaknya sangat mendukung kegiatan dan program, marketing digital produk UMKM ini. Melalui asosisasi Marandus Sirait mengajak para pelaku UMKM ikut serta mendukung pengembangan produk, yang dihasilkan dari kawasan Danau Toba.
Marandus Sirait juga sangat yakin dengan berkembangnya produk lokal UMKM di wilayah Tapanuli akan mempengaruhi perkembangan destinasi wisata Danau Toba, sebagai Geopark Kaldera Toba yang telah ditunjuk oleh orgnaisasi dunia Unesco.
“Saya mengajak kepada seluruh pelaku UMKM diwilayah Tapanuli bersama-sama mendukung program pemasaran produk melalui digital dan online, sehingga dapat memberikan nilai positif dalam perkembangan pariwisata Danau Toba,” kata Marandus yang sudah berhasil memasarkan produk Andaliman dan Madu Taman Eden di akun shopee.
Webinar produk Aku Cinta Indonesia antara TPL, UMKM Binaan TPL, dan Shopee ini dihadiri narasumber dari bidang kesehatan dr. Marulam Panggabean, SpPD-KKV,Sp.JP (Dokter Spesialis Penyakit Dalam) biacara soal bahaya Covid-19, Dr. Nurmala Kartini Panjaitan Sjahrir motivator dan pemerhati UMKM Indonesia, moderator acara oleh Dr. Amanda Katili Manager The Climate Reality Project Indonesia, Bagus Wardhana & Khoiruddin dari Shoppee penjualan digital di Indonesia.
© Copyright 2024, All Rights Reserved