Prabowo-Rizal Ramli Bertemu, Pengamat: Menhan Butuh Ekonom Handal

 Tokoh senior DR. Rizal Ramli saat menerima hadiah buku dari Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto/Net
Tokoh senior DR. Rizal Ramli saat menerima hadiah buku dari Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto/Net

Sikap kritis yang ditunjukkan oleh ekonom senior DR Rizal Ramli kepada pemerintah ternyata tidak membuat hubungannya dengan Prabowo Subianto selaku salah seorang anggota kabinet menjadi luntur. 


Hal ini mereka buktikan lewat pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (22/6/2021). Dalam pertemuan itu, Prabowo memberikan sebuah hadiah buku tentang "Kepemimpinan Militer" kepada Rizal. 

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie mengatakan pembicaraan keduanya diyakini juga menyinggung politik terkait Pilpres 2024. Keduanya bahkan layak untuk duet pada agenda politik tersebut.

"Mereka sudah klop. Jika menang pada Pilpres 2019 lalu, Prabowo pasti meminang Rizal Ramli masuk kabinet," ujar Jerry Massie menyampaikan pandangan, Rabu (23/6).

Ia menambahkan, Prabowo sangat menaruh hormat kepada Rizal. Ketua Umum Partai Gerindra itu butuh pakar ekonom sekelas Rizal.

"Sosok Rizal Ramli disegani Prabowo lantaran ayahandanya yakni mendiang Soemitro Djojohadikusumo, ekonom tersohor di era Presiden Soeharto, sedangkan Rizal Ramli ekonom terbaik di abad XX," tutur Jerry Massie.

Selain itu, keduanya juga punya hubungan yang harmonis. Banyak jurus kepret ala Rizal yang diadopsi Prabowo. Untuk menghargainya, maka Rizal diberikan buku militer

"Memang keduanya layak juga disandingkan saya kira. Kedua tokoh ini punya grand strategy yang brilian untuk bangsa Indonesia. Saat krisis ekonomi bahkan utang kita sudah tembus Rp 6.361 triliun, maka Prabowo butuh pakar ekonomi sekelas Rizal Ramli," lanjut Jerry Massie.

"Jadi, menarik juga pasangan militer, ekonom, cendikiawan ini kalau bisa ditandemkan," ucap Jerry Massie menambahkan.