Pos SAR Danau Toba Gelar Sosialisasi Keselamatan Transportasi

Sosialisasi Keselamatan Transportasi/Ist
Sosialisasi Keselamatan Transportasi/Ist

Pihak Basarnas Pos SAR Danau Toba menggelar sosialisasi terkait keselamatan lalu lintas sungai dan danau.


Kegiatan yang digelar di Dermaga Fery Ihan Batak, Ajibata, Kabupaten Toba ini dilakukan bersama dengan pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah 2 Sumatera Utara, Sabtu (21/5/2022).

Pada pesertanya sendiri merupakan kalangan Nakhoda kapal yang beroperasi di Danau Toba.

Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba, Hisar Turnip mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut menjadi salahs atu upaya yang mereka lakukan untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan dari Nakhoda Kapal sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor  PM. 52 Tahun 2012 dan Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP 3424/AP.402/DRJD/2020 tentang alur sungai dan danau.

Hisar sendiri memberikan pemaparan tentang sistem SAR dan penggunaan radio komunikasi sebelum berlayar hingga pada situasi darurat.

“Kita juga melakukan simulasi terkait penanganan saat terjadi kondisi darurat saat berlayar,” katanya dalam keterangan tertulisnya.

Kegiatan-kegiatan yang sama menurutnya akan terus dilakukan untuk mendorong kemampuan dan pengetahuan para pihak yang berhubungan dengan transportasi di sungai dan danau. Sebab, hal ini menjadi penting dalam rangka peningkatan keselamatan.

“Kedepannya Basarnas Medan melalui Pos SAR Parapat Danau Toba, akan terus menggandeng seluruh stakeholder maupun organisasi atau komunitas untuk terus melakukan sosialisasi terkait keselamatan lalu lintas di seputara Danau Toba. Ini merupakan bentuk keseriusan Basarnas hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Danau Toba dan juga terhadap keamanan warga sekitar dalam beraktifitas di Danau Toba,” pungkasnya.