Pondok Pesantren Gratis Salman Alfarisi Diharapkan Lahirkan Ulama Berkualitas

Edy Rahmayadi meresmikan Ponpes Salman Alfarisi di Binjai/Ist
Edy Rahmayadi meresmikan Ponpes Salman Alfarisi di Binjai/Ist

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi punya harapan besar pada Pondok Pesantren (Ponpes) Salman Alfarisi Yatim dan Dhuafa Binjai.


Menurut Edy, pesantren gratis ini harus mampu menelurkan ulama yang berkualitas.

"Semakin banyak pesantren di Sumut, tetapi yang perlu kita perhatikan juga peningkatan kualitas produk pesantren kita, harus mampu menelurkan ulama yang mumpuni," kata Edy Rahmayadi saat membuka acara peresmian Ponpes Tahfiz Qur'an Salman Alfarisi, Binjai, Selasa (30/11/2021).

Selain itu, Edy Rahmayadi juga meminta kepada pengurus Ponpes Salman Alfarisi memperhitungkan lingkungan dan kenyamanan santri dalam membangun Ponpes.

"Dua itu harus diperhitungkan agar dalam pembangunan Ponpes ini berjalan dengan baik," kata Edy.

Menurut keterangan Ketua Ponpes Salman Alfarisi Muhammad Alfan Daulay, ada 60 santri yang sedang belajar di Ponpesnya. Kini mereka sedang membangun Gedung Penghafal Alquran yang dinamai Gedung H Edy Rahmayadi.

"Sekarang ada 60 santrinya, ada yang dari Batam, Tanjungbalai, Samosir dan lainnya. Ada 15 yang mengantri, tetapi ruang kita belum cukup, mudah-mudahan dengan terbangunnya gedung baru H Edy Rahmayadi kita bisa menambah santri yang mau menuntut ilmu di sini," kata Alfan.

Hadir bersama Edy Rahmayadi, Walikota Binjai Amir Hamzah dan Wakil Walikota Binjai Rizky Yunanda Sitepu. Selain itu juga hadir pemuka agama dan masyarakat serta OPD terkait Pemprov Sumut dan Pemko Binjai.