PKS Kota Medan Buka Penyaringan dan Penjaringan Bakal Calon Anggota Dewan

Kasman Marasakti Lubis/RMOLSumut
Kasman Marasakti Lubis/RMOLSumut

Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan secara resmi membuka penyaringan dan penjaringan Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) untuk pemilu legislatif 2024 mendatang hal ini dilakukan salah satunya karena tingginya respon masyarakat terhadap PKS.


Hal ini disampaikan Ketua DPD PKS Kota Medan, H.Kasman Marasakti Lubis, Lc, MA kepada wartawan di Kantor DPD PKS Kota Medan Jalan Sei Beras, Selasa (14/12/2021) usai memimpin rapat.

"Hari ini kami (DPD PKS Kota Medan-red) resmi membuka penyaringan dan penjaringan Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD). Penyaringan dan penjaringan dilakukan sampai dengan tanggal 21 Desember 2021. Penjaringan ini juga dilakukan salah satunya karena tingginya respon masyarakat terhadap PKS yang selama ini berjuang bersama masyarakat," jelas Kasman Lubis.

Disampaikannya, PKS Kota Medan membuka seluas-luasnya kepada individu, tokoh masyarakat di Kota Medan untuk mengikuti penjaringan dan penyaringan BCAD PKS Kota Medan ini. "Tentunya kepada setiap individu baik itu tokoh masyarakat yang memiliki basis masa dan  yang memiliki pengaruh di masyarakat, kita persilahkan dan kita buka seluas-luasnya," ucapnya.

Dijelaskannya, penyaringan dan penjaringan BCAD diakukan sebagai upaya mendapatkan para BCAD yang lebih baik dalam upaya melakukan perubahan serta mendapatkan BCAD yang ideal dengan konsisi masyarakat sekarang ini.

"Harapan kita dengan penyaringan BCAD ini kita bisa mendapatkan BCAD yang lebih baik dan ideal dengan kondisi saat ini yang diinginkan masyarakat serta dalam upaya melakukan perubahan yang lebih baik sejalan dengan PKS yang konsisten memperjuangkan hak-hak masyarakat," jelasnya.

Diakuinya, dalam penjaringan dan penyaringan BCAD, PKS juga memperhatikan kuota 30 persen perempuan dan yang paling penting PKS juga menggarap 15 persen keterlibatan kaum  milenial dalam BCAD ini.

"Untuk generasi milenial dan perempuan tentunya menjadi salah satu target kita dalam BCAD ini. Bagi individu yang berniat melakukan penjaringan dan penyaringan BCAD bisa langsung mendaptar, begitujuga melalui Organisasi Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan," ungkapnya.

Dalam perjalanannya nanti, penjaringan dan penyaringan BCAD ini nantinya akan diteruskan ke Panitia Seleksi (Pansel) di tingkat wilayah kemudian ke DPP. "Penjaringan dan penyaringan ini nantinya akan diteruskan ke Pansel di tingkat wilayah kemudian di godok di DPP," tambahnya.

Penjaringan dan Penyaringan BCAD ini, kata Kasman, juga dilakukan untuk kalangan internal PKS sendiri. "Jadi penjaringan dan penyaringan BCAD ini sekaligus juga dilakukan untuk BCAD di kalangan internal PKS," pungkasnya.