Pj Bupati Tapteng Diganti, Edy Rahmayadi: Mungkin Dipandang Perlu yang Netral Atau Evaluasi

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi usai pelantikan Pj Bupati Tapanuli Tengah/RMOLSumut
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi usai pelantikan Pj Bupati Tapanuli Tengah/RMOLSumut

Indikasi ketidaknetralan sosok Yetti Sembiring menyeruak dibalik adanya pergantian penjabat Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) dari dirinya kepada Elfin Ilyas Nainggolan.


Proses pergantian ini sendiri resmi berlangsung lewat pengambilan sumpah jabatan terhadap Elfin yang dilakukan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman Medan, Senin (14/11/2022).

Terkait isu tersebut, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan bahwa pergantian tersebut merupakan hal yang biasa dan menjadi bagian dari evaluasi yang dilakukan terhadap para penjabat kepala daerah.

“KAn sudah ada perintah bahwa akan dilakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka pertama menyiapkan kesejahteraan rakyat kita, kedua menyiapkan Pilkada Bupati yang akan datang di Tapanuli Tengah,” katanya kepada wartawan.

Edy Rahmayadi mengaku tidak mengetahui alasan pasti dibalik pergantian tersebut. Namun ia menyebut, untuk pilkada Tapanuli Tengah dibutuhkan sosok yang netral.

“Untuk itu dipandang perlu yang netral mungkin begitu atau evaluasi yang lain. Saya selaku gubernur, diberi ya saya lantik,” ujarnya.

Apakah hal ini menyimpulkan jika selama ini Yetti sudah menunjukkan ketidaknetralannya?. Edy Rahmayadi buru-buru meralatnya.

“O tidak, bukan. Ini dijaga, antisipasi sehingga nantinya tak menyalah. Yetti sudah melakukand engan baik, tapi atasan mungkin melihat mungkin ada perlu perbaikan-perbaikan,” pungkasnya.