Pilot Iraqi Airways Diskors Gegara Reporter Wanita Masuk Ruang Kokpit

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Aksi seorang reporter wanita masuk ke ruang Kokpit dan berpose di sebelah pilot saat pesawat sedang terbang berujung hukuman bagi seorang pilot maskapai Iraqi Airways. Kejadian ini disibeut direkam pada September 2020 dan menjadi pembahasan di media sosial, dimana penyiar Irak Welyan Al-Baiaty terekam sedang bercana dengan pilot tentang mudahnya menerbangkan pesawat.


Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Rabu lalu, Otoritas Penerbangan Sipil Irak mengatakan: "Departemen Keamanan Udara dari Otoritas Penerbangan Sipil Irak menangguhkan salah satu pilot yang bekerja di salah satu maskapai penerbangan nasional Irak, setelah mengizinkan seorang pekerja media wanita untuk memasuki kokpit sementara pesawat sedang dalam keadaan terbang." 

"Itu merupakan pelanggaran hukum dalam penerbangan sipil, dan membahayakan nyawa pelancong," lanjut pernyataan itu, seperti dikutip dari Memo, Selasa (13/10). 

Iraqi Airways sebelumnya mendapat larangan terbang dari Uni Eropa karena pelanggaran keamanan. Pada 2018, keamanan penerbangan maskapai itu dipertanyakan setelah dua pilot terlibat perkelahian fisik saat menerbangkan 160 penumpang dengan Boeing 737.