Pidato Kenegaraan HUT RI 76, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Baduy

Wakil Presiden Maruf Amin/Net
Wakil Presiden Maruf Amin/Net

Sidang tahunan MPR RI-DPR RI-DPD RI hampir selalu dimanfaatkan Presiden dan Wakil Presiden RI sebagai panggung untuk menampilkan kekayaan Indonesia.


Untuk sidang tahunan kali ini, Senin (16/8), Presiden Joko Widodo menampilkan baju adat Suku Baduy, Banten yang ia kenakan dalam acara kenegaraan tersebut.

Baju adat juga dipakai Wakil Presiden Maruf Amin. Berbeda dengan presiden, Maruf Amin memilih menggunakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat.

Pakaian adat Suku Mandar dipakai Wapres dengan memadukan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar sebagai ikat pinggang. Pakaian tersebut dilengkapi dengan penutup kepala yang disebut songkok tabone.

Nantinya, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan dua pidato kenegaraan. Pertama, penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-76 Indonesia.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga akan berpidato untuk menyampaikan keterangan pemerintas atas RUU tentag APBN tahun anggaran 2022 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya serta surat permintaan pertimbangn dari Ketua DPR RI kepada DPD RI.