Pesan Presiden Joko Widodo di Rakernas N4J: Harus Tetap Solid, Satu Komando

Peserta Rakernas N4J di Medan/RMOLSumut
Peserta Rakernas N4J di Medan/RMOLSumut

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Nusantara Untuk Jokowi (N4J) digelar di Auditorium Utama Universitas Prima Indonesia, Jalan Sampul, Medan, Jumat (20/52022).


Kegiatan ini diikuti oleh peserta secara hybrid dan memecahkan rekor MURI dengan total 12 ribu peserta yang bergabung secara daring.

Presiden Joko Widodo yang berbicara secara virtual menyampaikan pesan khusus agar para relawan N4J senantiasa solid dan menjaga kekompakan.

“Saya minta, N4J di bawah pimpinan Pak RE Nainggolan tetap solid, satu komando. Jangan pernah lelah mencintai dan menjaga Indonesia,” amanat Jokowi dalam acara yang juga dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeckshah, dan Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution tersebut.

Presiden menyebut relawan N4J memiliki kemauan kuat untuk ikut mendukung visi Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045.

Erick Thohir sendiri dalam pemaparannya meminta N4J menjadi wadah bagi munculnya kepemimpinan yang siap dengan perubahan zaman.

"Kita berada di tengah diserupai, perubahan yang luar biasa cepat karena berkembang pesatnya teknologi. Cara hidup, cara bekerja, dan berbagai aspek kehidupan kita, diubah secara radikal oleh sentuhan teknologi. Kita harus siap,” katanya.

Pada bagian lain, Erick Thohir mengungkapkan Indonesia bisa mencetak pertumbuhan ekonomi yang tergolong tinggi di tengah masih lesunya perekonomian dunia karena pandemi.

“Ini momentum yang harus kita jaga, kita maitenance, jangan sampai kehilangan momentum,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeckshah menyampaikan apresiasi karena relawan N4J selama ini aktif berperan membantu pemerintah di berbagai tingkatan. “Tanggung jawab membawa bangsa kepada kemajuan tentu saja tidak sebatas pada pemerintah, tetapi pada semua elemen dan komponen bangsa, termasuk relawan N4J. Kita harap Rakernas ini akan melahirkan program dan keputusan yang terbaik, agar ke depan tetap bisa berperan optimal, baik di tingkat pusat maupun daerah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum N4J, Dr RE Nainggolan, MM menegaskan N4J sejak awal memang dimaksudkan sebagai wadah perjuangan jangka panjang.

“Kita tidak berhenti pada perjuangan mengantar Pak Jokowi menjadi Presiden, tetapi lebih dari itu, mengawal agar cita-cita Indonesia Maju bisa terwujud di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Acara itu dibuka dengan laporan Ketua Panitia Rakernas, Prof Dr Chrismis Novalinda Ginting, MKes, yang mengungkapkan Rakernas ini dihadiri perwakilan pengurus DPD N4J dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Kita semua didorong oleh cita-cita dan kemauan yang sama, untuk memperjuangkan Indonesia Maju,” pungkasnya.