Pertamina Lubricants dan KBKC Gelar Workshop Menulis Cerpen

Pelatihan menulis cerita pendek/Ist
Pelatihan menulis cerita pendek/Ist

PT Pertamina Lubricants bekerjasama dengan Komunitas Binjai Kota Cerdas (KBKC) menggelar Workshop Kepenulisan dan Lomba Menulis Cerpen secara virtual, Sabtu (18/9).


Kegiatan yang diikuti 230 peserta kategori pelajar SMP dan SMA, serta masyarakat umum dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Acara resmi dibuka Sales Region Manager PT Pertamina Lubricants, Atoy Saturi, serta dihadiri Ketua sekaligus Inisiator KBKC, Syamsul Agus, Sekretaris Gerakan Pemasyarakataan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara, Dwi Endah Purwanti, CSR Officer PT Pertamina Lubricants, M Subhan Amrullah.

Tampil sebagai narasumber, antara lain Hujan Tarigan, Asmawati Alfaiq (Bunda Asma), dan Teja Purnama Lubis.

Sales Region Manager PT Pertamina Lubricants, Atoy Saturi, menyambut baik kegiatan ini, karena dianggap efektif dalam merangsang ide dan kreativitas generasi muda untuk mengembangkan minat dan bakat dalam menulis.

Selain itu dia pun turut mengharapkan seluruh peserta agar fokus dan serius mengikuti setiap sesi acara, memahami setiap materi yang disampaikan para narasumber, serta menjadikan Workshop Kepenulisan dan Lomba MenulIs Cerpen sebagai sarana silaturahmi.

"Semoga kegiatan kita hari ini semakin meningkatlan kreatifitas dan inonvasi kita di dunia kesusastraan. Jadikan pula momentum ini sebagai batu loncatan untuk menggapai cita-cita kita menjadi penulis handal," seru Atoy.

Apresiasi serupa juga disampaikan oleh Sekretaris GPMB Sumatera Utara, yang juga Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sumatera Utara, Dwi Endah Purwanti.

Apalagi dia menilai antusiasme dan semangat para pelajar maupun kaum milenial dalam mengikuti Workshop Kepenulisan dan Lomba Menilis Cerpen telatif sangat tinggi, meskipun dilaksanakan secara virtual.

"Kami dari GPMB Sumut mengapresiasi kegiatan ini karena dapat meningkatkan kecerdasan, menambah pengetahuan, menciptakan kemandirian, membangun kreativitas dan inovasi, serta menumbuhkan karakter positif dan mulia para generasi muda," ujar Endah. 

Sebaliknya dia turut berharap, lahirnya penulis, pujangga, dan para sastrawan milenial handal dan berbakat, yang mampu mengembalikan kejayaan kesusastraan Sumatera Utara 

Sebelumnya, Ketua sekaligus Inisiator KBKC Syamsul Agus, menjelaskan, Workshop Kepenulisan dan Lomba Menilis Cerpen merupakan even literasi pertama yang dilaksanakan pihaknya selama pandemi Covid-19, setelah terakhir digelar pada 2018 silam.

Khusus pelaksanaan Lomba Menulis Cerpen, dia mengaku akan diambil 15 karya terbaik peserta, guna diterbitkan dalam bentuk buku antalogi.

"Terimakasih kami ucapkan kepada PT Pertamina Lubricants, karena secara konsisten dan berkelanjutan mendukung kegiatan literasi yang dilaksanakan KBKC," ujar Syamsul Agus.

KBKC sendiri, katanya, terus berkomitmen untuk mengisi ruang-ruang kosong dengan sarana dan kegiatan-kegiatan literasi.

"Tujuannya tidak lain untuk mewujudkan generasi yang cerdas melalui peningkatan kompetensi dan gerakan literasi," terang Syamsul Agus.

Sementara itu, Senior CSR Officer PT Pertamina Lubricants, Subhan Amrullah, menyebut, Workshop Kepenulisan dan Lomba Menulis Cerpen saat ini masih merupakan satu-satunya sarana pengembangan kemampuan menulis yang dikombinasikan dengan program PT Pertamina Lubricants.

"Pada dasarnya program CSR itu harus terukur, terperinci, dan menghasilkan output yang jelas, seperti kegiatan kita hari ini. Sehingga kita tetap berharap, komunikasi dan sinergitas kita selalu terjalin baik,  agar program ini terus dipertahankan," ucapnya.

Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative yang mengedepankan kolaborasi dengan komunitas sebagai upaya berkontribusi terhadap perkembangan generasi penerus bangsa.