Personil Satlantas Polrestabes Medan Ikut Ambil Bagian Pembersihan Longsor Di Sibolangit

AKBP Sonny Siregar di lokasi pembersihan dinding tebing longsor di Sibolangit/Ist
AKBP Sonny Siregar di lokasi pembersihan dinding tebing longsor di Sibolangit/Ist

Tim gabungan mulai melakukan pembersihan dinding tebing pada titik longsor yang terjadi di Sibolangit pada Minggu, 24 Oktober 2021 pada hari ini, Rabu (27/10/2021).


Material bebatuan dan pepohonan besar yang masih menggantung pada dinding tebing di desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang tepatnya di Jalan Jamin Ginting km 36 tersebut.

Di lokasi tersebut, petugas memotong pohon besar berusia ratusan tahun yang masih menggantung pada titik longsor dan dianggap membahayakan.

"Dan ternyata, bagian bawah pohon yang kita tebang ini sudah lapuk atau keropos dan tinggal menunggu waktu saja, pohonnya pasti akan tumbang dan akan kembali mengenai pengendara yang melintas di lokasi ini," kata Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sonny W Siregar di lokasi.

Namun, sambung Kasat Lantas, yang menjadi kendala saat ini adalah batu yang berada di tebing di sekitar pohon yang sudah tumbang itu, tapi batunya tidak ikut jatuh. 

"Jadi, batu yang belum jatuh atau tumbang itu akan kita jatuhkan secara manual atau bagaimana, masih kita bahas lebih lanjut dengan BPBD Deliserdang dan tim lainnya. Mohon doa dan dukungannya, agar pengerjaan ini cepat selesai dan bisa normal kembali dilalui kendaraan," pungkas AKBP Sonny. 

Diberitakan sebelumnya, telah terjadi longsor di tikungan Tirtanadi-Sembahe, tepatnya di Jamin Ginting KM 36 Tikungan Tirtanadi, Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sabtu, 23 Oktober 2021 malam. Tiga orang tewas akibat tertimbun material longsor tersebut.