Persiapan Akreditasi Internasional, Antropologi FISIP USU Jalin MoA Dengan Antropologi UNAND

Ketua Jurusan Antropologi FISIP USU Dr Irfan Simatupang menandatangani MoA dengan Ketua Jurusan Antropologi FISIP UNAND  Dr Yevita Nurti/RMOLSumut
Ketua Jurusan Antropologi FISIP USU Dr Irfan Simatupang menandatangani MoA dengan Ketua Jurusan Antropologi FISIP UNAND Dr Yevita Nurti/RMOLSumut

Program Study Antropologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara dipilih menjadi salah satu jurusan yang akan mengikuti akreditasi internasional.


Hal ini disampaikan Wakil Dekan I FISIP USU, Husni Thamrin saat memberikan sambutan pada Seminar Nasional “Kebertahanan Kearifan Lokal dalam Pusaran Globalisasi” yang digelar oleh Jurusan Antropologi FISIP USU, Rabu (23/6/2022).

“Prodi Antropologi dipilih untuk akreditasi internasional. Ini peluang namun juga tantangan. Targetnya itu di 2023, jadi persiapannya sudah dimulai dari minggu lalu lewat pertemuan dengan badan kerja mutu dan pihak universitas,” katanya.

Husni Thamrin menjelaskan, akreditasi internasional merupakan tantangan yang membutuhkan kerja keras dari seluruh pihak terutama kalangan civitas akademika di lingkungan Prodi Antropologi itu sendiri. Topik tentang kearifan lokal menurutnya menjadi salah satu hal yang relevan dalam upaya tersebut.

“Thema ini harus kita bawa ke dunia internaisonal,” ujarnya pada seminar yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Antropologi Universitas Andalas, Sumatera Barat tersebut.

Pada acara seminar tersebut, Jurusan Antropologi Sosial FISIP USU menandatangani Memorandum of Agreemen (MoA) dengan Jurusan Antropologi FISIP UNAND. MoA ini menyangkut upaya peningkatan kerjasama dalam mengaplikasikan Tri Darma Perguruan Tinggi. Penandatangan ini dilakukan oleh Ketua Jurusan Antropologi FISIP USU Dr Irfan Simatupang dan Ketua Jurusan Antropologi FISIP UNAND Dr Yevita Nurti.

“Kita bisa membuat kolaborasi penelitian, penulisan karya ilmiah dan pertukaran dosen/mahasiswa antara dua pihak. Ini menjadi bagian penting dalam rangka mendorong peningkatan nilai akreditasi masing-masing,” kata Ketua Jurusan Antropologi FISIP USU, Dr Irfan Simatupang.