Pengusulan Calon Kadisdukcapil, Gubernur Sumut Terindikasi Maladministrasi

Kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar/RMOLSumut
Kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar/RMOLSumut

Ombudsman RI Perwakilan Sumut menemukan ada dugaan tindakan maladministrasi yang dilakukan gubernur Sumut terkait pengusulan nama Yanuarlin SE, MSi ke Mendagri c/q Dirjen Dukcapil sebagai Calon Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Sumut.


‌Hal ini menyusul beredarnya ke publik  salinan Surat Gubsu Nomor: 800/3952/BKD/III/2021 tertanggal 18 Januari 2021, perihal Pengusulan Calon Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,  ke Mendagri c/q Dirjen Dukcapil.

Sebagaimana isi surat yang beredar di publik tersebut, diketahui gubernur mengajukan  tiga nama untuk diangkat jadi calon Kadisdukcapil. Tapi, yang jadi persoalan adalah, satu dari  tiga nama itu, diketahui  tidak lulus seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP), yakni Yanuarlin yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Disdukcapil Sumut. Hanya dua yang lulus mengikuti proses seleksi JPTP, yakni Manna Wasalwa dan Indra Halomoan Nasution. Sementara dua nama lain yang lulus seleksi tidak diusulkan Gubsu.

"Jika data yang beredar ke publik itu valid, maka Gubsu Edy Rahmayadi diduga melakukan tindakan maladmnistrasi," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut  Abyadi Siregar, Senin (1/2).

Dijelaskan Abyadi, dalam Permendagri Nomor 76 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Jabatan pada Jabatan Unit Kerja yang menangani Administrasi Kependudukan di Provinsi dan Kabupaten /Kota, pada pasal 4 ayat 2, dijelaskan bahwa, syarat tiga nama pejabat yang diusulkan kepada Mendagri itu harus berdasarkan hasil seleksi Panitia seleksi jabatan.

"Artinya bahwa tiga nama yang dikirim ke Mendagri itu harus lulus seleksi jabatan atau lelang jabatan. Sementara Yanuarlin disebut tidak lulus dalam proses seleksi atau lelang jabatan," ungkap Abyadi kembali.

Abyadi menambahkan berdasarkan pengumuman Pansel JPTP di lingkungan Pemprovsu Nomor 014 /SJPTP/XI/2020  tentang Hasil seleksi Ujian Tertulis dan Penulisan Makalah Peserta Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprovsu  tanggal 28 November 2020 yang ditandatangani Ketua Pansel JPTP Pemprovsu Dr Ir Hj Sabrina, sangat jelas tertulis empat nama yang lulus seleksi Jabatan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil yakni, Haris Topan ,SH,MSi, Dr Hj Manna Wasalwa MAP, Dra Indra Halomoan Nasution MSi, Muhammad Ali Hasibuan SSos.

"Lantas bagaimana nama Yanuarlin ini muncul dalam surat gubernur ke Mendagri yang memohon penerbitan SK Pengangkatan Kadisdukcapil Sumut," tandasnya.