Pengendara Berjatuhan di Kota Tua, Anies Baswedan Sebut Jalan Didesain Bukan Untuk Motor

Tangkapan layar pengendara motor jatuh di Kota Tua/repro
Tangkapan layar pengendara motor jatuh di Kota Tua/repro

Jalanan di Kota Tua didesain untuk pejalan kaki dan bukan untuk pengendara kendaraan seperti sepeda motor.


Karena itulah para pengendara yang berjatuhan di Kota Tua tersebut dipastikan merupakan orang-orang yang melanggar aturan karena memasuki kawasan pejalan kaki.

Begitu disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terkait heboh media sosial yang mengunggah video sejumlah pengendara sepeda motor jatuh tergelincir di Kota Tua.

”Karena yang pada jatuh itu, motor-motor itu sebenarnya melanggar memasuki kawasan pejalan kaki yang memang didesain bukan untuk motor. Dan kawasan ini (Kota Tua) kawasan pejalan kaki," kata Anies diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (12/9).

Untuk itu, mantan Rektor Universitas Paramadina itu memerintahkan Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI Jakarta lebih ketat menjaga kawasan tersebut.

Sementara itu, bagi para pengendara sepeda motor, Anies mengajak untuk tertib berkendara dengan berjalan sesuai lokasi yang diperuntukkan.

"Pengendara motor hormatilah kawasan pejalan kaki ini kalau di situ ada tulisan khusus pejalan kaki, ya motor cari tempat yang bukan tempat jalan kaki. Karena itu membahayakan bagi pejalan kaki. Jadi ambil sikap tanggung jawab," tegas Anies.