Pendaftaran Versi Tim Seleksi KI Sumut Muncul, Kadiskominfo Irman Oemar Bungkam

Pengumuman Pendaftaran calon Komisi Informasi versi Tim Seleksi
Pengumuman Pendaftaran calon Komisi Informasi versi Tim Seleksi

Polemik tentang seleksi calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Utara memasuki babak baru.


Hal ini terlihat dari pengumuman pendaftaran calon anggota KI periode 2021-2025 melalui media massa per tanggal 9 Juni 2021.

Pengumuman pendaftaran ini merupakan versi dari Tim Seleksi yang diketuai oleh Prof Dr Subhilhar dimana disebutkan pendaftaran dilakukan mulai tanggal 14-25 Juni 2021 dengan mengirimkan berkas dalam bentuk hard copu dalam amplop tertutup. Berkas tersebut diatujukan kepada Tim Seleksi dengan alaman Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara Jalan HM Said no 27 Medan.

Informasi lebih lengkap juga diapat dilihat langsung pada website www.sumutprov.go.id.

Munculnya pengumuman pendaftaran versi Tim Seleksi ini merupakan yang terbaru setelah sebelumnya pengumuman pendaftaran juga dilakukan oleh Kadiskominfo Sumut Irman Oemar dengan mengatasnamakan Panitia Seleksi. Masa pendaftaran yang diumumkan versi Panitia Seleksi tersebut yakni pendaftaran mulai  18-31 Mei 2021.

Ironisnya, pendaftaran terbaru versi Tim Seleksi ini tidak menjelaskan apakah pendaftaran versi Panitia Seleksi masih sah atau tidak. Hal ini membuat warga yang telah mendaftar ke Panitia Seleksi menjadi kebingungan.

Kadiskominfo Sumut Irman Oemar yang dikonfirmasi sejauh ini belum memberikan jawaban. Begitu juga Ketua Tim Seleksi, Prof Dr Subhilhar.

Namun, hal ini mengindikasikan bahwa kebijakan yang diambil oleh Irman Oemar membuka pendaftaran calon anggota KI tersebut tidak diterima oleh Tim Seleksi. Sebab, sesuai aturan, Irman Oemar dalam kapasitasnya sebagai Panitia Seleksi hanya bertugas memfasilitasi terbentuknya Tim Seleksi seperti memfasilitasi anggaran, sekretariat dan kebutuhan lain Tim Seleksi. Sedangkan untuk melaksanakan tahapan mulai dari pendaftaran hingga selesai merupakan ranah dari Tim Seleksi.

"Orang-orang yang mendaftar ini nanti kita serahkan kepada Tim Seleksi untuk berproses disana. Kalau pendaftaran itu masih ranah Panitia Seleksi. Karena saya juga punya perencanaan kerja soal ini, saya kan pengguna anggaran," kata Irman Oemar usai RDP di Komisi A DPRD Sumut beberapa waktu lalu.

Sementara, Prof Subhilhar dalam keterangannya kepada RMOLSumut pada Senin 7 Juni 2021 lalu mengatakan persoalan mereka yang mendaftar ke Pansel apakah akan diterima atau tidak oleh Timsel merupakan salah satu materi yang akan dibahas dalam rapat.

"Tim segera bersidang menyusun tahapan seleksi. Nanti (nasib pendaftar versi Pansel) di rapat akan diputuskan," kata Subhilhar.