Pemprovsu Harus Lakukan Penanganan Bebatuan Besar Yang Menggantung di Dinding Tebing Sibolangit

Bebatuan berukuran besar menggantung pada dindin tebing di kawasan Sibolangit/Repro
Bebatuan berukuran besar menggantung pada dindin tebing di kawasan Sibolangit/Repro

Bebatuan berukuran besar masih menggantung pada dinding tebing di lokasi longsor yang terjadi pada Minggu (24/10/2021) malam di Jalan Jamin Ginting km 38, Desa Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang.


Kondisi bebatuan yang sangat rawan jatuh tersebut mengundang keprihatinan dari Sekretaris Umum DPD Pemuda Merga Silima (PMS) Bengkel Ginting. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) harus melakukan penanganan untuk meminimalisir bahaya yang berpotensi terjadi.

"Jangan lagi harus tunggu dari pusat, harus segera dicarikan solusi untuk mengatasi hal itu," katanya, Selasa (26/10/2021).

Bengkel Ginting menjelaskan Jalan Jamin Ginting ini merupakan jalur ramai yang selalu digunakan pengguna jalan dari Medan-Berastagi maupun sebaliknya. Pada sisi lain, peristiwa longsor juga bukan hal yang baru yang terjadi di kawasan Sibolangit tersebut. Karena itu, ia berharap ada solusi cepat dengan melakukan berbagai pembenahan di lokasi tersebut.

"Gubenur dan kalangan DPRD Sumut saya yakin dapat melakukan kebijakan yang sifatnya jangka pendek untuk melakukan berbagai pembenahan di lokasi. Pelebaran jalan dengan melakukan pengorekan agar dinding tebing lebih landai saya kira harus segera dilakukan tanpa harus menunggu solusi dari pemerintah pusat. Ini menyangkut nyawa manusia," pungkasnya.

Diketahui peristiwa longsor kembali terjadi di kawasan Sibolangit pada hari Minggu kemarin. Dalam peristiwa ini 3 orang pengguna jalan meninggal dunia dan 2 terluka akibat kendaraan mereka tertimbun material longsor. Longsor di kawasan Sibolangit ini memang kerap terjadi terutama saat musim penghujan.