Pebulutangkis Indonesia Ini Akan Bermain Untuk Azerbaijan Di Olimpiade Tokyo 2020

Ade Resky Dwicahyo/Net
Ade Resky Dwicahyo/Net

Indonesia resmi mengirim 7 wakil yang akan bertanding pada cabang olah raga bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020.


Namun, meski demikian daftar pemain Indonesia yang bermain di sektor ini dipastikan tidak hanya mereka. Ada juga pemain Indonesia lain yang dipastikan ikut bertanding meskipun mewakili negara lain.

Atlet tersebut adalah Ade Resky Dwicahyo. Pemain berperingkat 69 dunia itu masuk dalam daftar atlet yang diumumkan oleh BWF akan meramaikan arena bulu tangkis Olimpiade. Nama Ade Reski masuk dalam daftar pebulutangkis yang lolos kualifikasi dibawah bendera Azerbaijan, salah satu negara di kawasan Eropa Timur.

Ade Resky Dwicahyo merupakan mantan pemain tim bulutangkis junior Indonesia, dan pernah membela tim Merah Putih di ajang Kejuaraan Asia Junior dan Kejuaraan Dunia Junior pada 2016 silam.

Namun,  dirinya merasa kalah bersaing dan akhirnya pada tahun 2018 mendapat tawaran untuk membela Azerbaijan.

Mengacu pada wawancara Ade Resky Dwicahyo  dengan Badminton Europe tahun lalu, Ade Resku Dwicahyo berpindah negara yang dia bela demi bisa meningkatkan peluang tampil di turnamen besar.

“Seperti Anda ketahui, saya asli Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara terkuat di bulu tangkis,” kata Ade.

“Ketika menerima tawaran dari Azerbaijan, saya mendapat peluang lebih tinggi untuk tampil pada Kejuaraan Dunia dan Olimpiade. Saya sudah sukses mewakili Federasi Bulu Tangkis Azerbaijan di kompetisi internasional selama tiga tahun. Pada periode ini, saya menjadi saksi betapa besar usaha federasi dalam pengembangan bulu tangkis,” imbuhnya.

Membela Azerbaijan, Mantan pemain binaan klub PB Exist Jakarta banyak mengantongi prestasi di sektor tunggal dan ganda putra pada sejumlah turnamen yang digelar sepanjang tahun 2018 dan 2019.